Show simple item record

dc.contributor.advisorTitisari, Purnamie
dc.contributor.advisorApriono, Markus
dc.contributor.authorNOVITASARI, Intan
dc.date.accessioned2020-11-16T02:40:02Z
dc.date.available2020-11-16T02:40:02Z
dc.date.issued2020-02-15
dc.identifier.nim160810201211
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101954
dc.description.abstractPeningkatan target penerimaan pajak dari tahun ke tahun menuntut Direktorat Jendral Pajak sebagai instansi pengumpul dan penerima pajak di Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Direktorat Jendral Pajak memiliki unit kerja yang bertugas untuk melaksanakan pelayanan dibidang perpajakan yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Sebagai instansi yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada wajib pajak, Kantor Pelayanan Pajak Pratama harus memperhatikan pelayanan yang diberikan. Salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan adalah sumber daya manusia di dalam instansi yang merupakan faktor yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya suatu instansi dalam mencapai tujuan. Salah satu tolak ukur keberhasilan instansi adalah dengan melihat kinerja para pegawainya. Kinerja pegawai dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kecerdasan emosional, lingkungan kerja non fisik dan motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan kerja non fisik dan motivasi terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research ) yang menguji suatu hubungan atau keterkaitan antar variabel dengan pengujian hipotesis. Objek dari penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap yang sudah PNS (Pegawai Negeri Sipil) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember yang berjumlah 91 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dimana pengambilan sampel dengan menetapkan kriteria tertentu. Kriteria pegawai yang digunakan yaitu pegawai yang banyak berhubungan dengan wajib pajak. Sampel yang didapatkan berdasarkan kriteria tersebut berjumlah 71 pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Metode analasis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan variabel bebas kecerdasan emosional, lingkungan kerja non fisik, dan motivasi serta variabel terikat kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, lingkungan kerja non fisik dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 3,906+ 0,625 X1 + 0,618 X2 + 0,551 X3 + e. Hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel kecerdasan emosional sebesar 2,510 dengan nilai signifikansi = 0,015 < 0,05 yang artinya ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Hasil uji t pada variabel lingkungan kerja non fisik memiliki jumlah t hitung sebesar 2,160 dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05 yang artinya ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan t hitung pada variabel motivasi sebesar 2,023 dengan nilai signifikansi = 0,047 < 0,05 yang artinya ada pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jemberen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI DAN BISNISen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectLingkungan Kerja Non Fisiken_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectKinerja Pegawaien_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja Non Fisik dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMANAJEMEN
dc.identifier.kodeprodi0810201


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record