Show simple item record

dc.contributor.authorMOCH. ZAINUL ARIFI
dc.date.accessioned2013-12-18T11:34:43Z
dc.date.available2013-12-18T11:34:43Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM030810201295
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10191
dc.description.abstractLoyalitas merek yang menjadi fokus dalam penelitian ini menjadi fenomena yang menarik bagi perusahaan dalam rangka menghadapi ketatnya persaingan, dimana semakin banyak merek baru yang bermunculan di pasar. Semakin kuat brand loyalty suatu merek, semakin kuat pula daya tarikya di mata konsumen untuk mengkonsumsi merek tersebut yang selanjutnya mengiring konsumen pada tindakan pembelian serta mengantarkan perusahaan meraih keuntungan dari waktu ke waktu. Penelitian yang dilakukan oleh Moch. Zainul Arifi, yang berjudul Analisis Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Produk Deterjen pada Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Angkatan 2003-2006 Fakultas Ekonomi Universitas Jember menganalisa indikator-indikator brand loyalty yaitu Switcher, Habitual Buyer, Satisfied Buyer, Liking The Brand, dan Committed Buyer. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rata-rata dan standar deviasi, brand switching pattern matrix, dan piramida brand loyalty. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey dimana informasi yang didapatkan berasal dari responden dengan menggunakan kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 2003-2006 dengan menggunakan teknik purposive sample. Berdasarkan analisis brand loyalty, deterjen Rinso, Attack, dan So Klin memiliki tingkat loyalitas yang kuat dengan bentuk piramida brand loyalty yang mendekati piramida terbalik sempurna. Deterjen Rinso mempunyai konsumen paling banyak pada tingkat satisfied buyer dan liking the brand dimana nilai masing-masing tingkatan sebesar 90%. Deterjen Attack mempunyai konsumen paling banyak pada tingkat satisfied buyer sebesar 96,67%. Deterjen So Klin memiliki jumlah konsumen terbesar pada tingkat Satisfied Buyer dan Liking The Brand, dimana nilai masing-masing tingkatan sebesar 96,67%. Berdasarkan brand switching pattern matrix analysis, deterjen Rinso dan So Klin memiliki nilai tingkat kemungkinan perpindahan merek yang besar yaitu 51,08%, sehingga pada masa yang akan datang ada kemungkinan tingkat loyalitas merek produk ini menurun, sedangkan nilai ProT deterjen Attack sebesar 31,01%, nilai ini menunjukkan pada masa yang akan datang ada kemungkinan tingkat loyalitas merek pada deterjen Attack akan menguat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030810201295;
dc.subjectBrand Loyalty, switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand, committed buyer.en_US
dc.titleANALISIS LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PRODUK DETERJEN PADA MAHASISWA S1JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2003-2006 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record