Show simple item record

dc.contributor.advisorPURWANDARI, Retno
dc.contributor.advisorAFANDI, Alfid Tri
dc.contributor.authorAMINI, Diah Ayuningrum
dc.date.accessioned2020-11-12T03:01:23Z
dc.date.available2020-11-12T03:01:23Z
dc.date.issued2020-08-25
dc.identifier.nimNIM162310101029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101883
dc.description.abstractEfikasi diri mahasiswa profesi Ners adalah keyakinan kemampuan diri yang dimiliki oleh mahasiswa profesi Ners dalam melaksanakan dan menyelesaikan program pendidikan profesi Ners. Efikasi diri mahasiswa profesi Ners terdiri dari tiga indikator yaitu level (tingkatan), strength (kekuatan), dan generality (generalisasi). Efikasi diri dalam diri seseorang diperoleh melalui kejadian-kejadian yang sebelumnya pernah dialami, mulai dari pengalaman keberhasilan pribadi, pengalaman dari keberhasilan orang lain, social persuasion yaitu bagaimana orang lain membantu meningkatkan keyakinan seseorang dengan melalui perkataan-perkataan yang mendukung, dan sumber daya yang ada di sekitarnya. Nilai efikasi diri yang dimiliki mahasiswa profesi Ners dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan dan berhubungan dengan prestasi belajar yang dicapai. Sehingga apabila mahasiswa profesi Ners memiliki nilai efikasi diri yang tinggi maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran efikasi diri mahasiswa program pendidikan profesi Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Desain penelitian deskriptif dan menggunakan teknik total sampling dengan populasi mahasiswa yang menempuh program profesi Ners angkatan 24 dan 25 di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Jumlah responden penelitian adalah 236 mahasiswa yang telah sesuai dengan kriteria inklusinya. Penelitian ini telah dilakukan uji etik pada Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) di Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan mendapatkan keterangan layak etik dengan nomor 2806/UN25.1.14/SP/2020. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner efikasi diri mahasiswa profesi Ners dan menggunakan analisis univariat. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan google form yang sebelumnya didahului dengan menjelaskan maksud dan tujuan penelitian melalui grup sosial media. Hasil penelitian karakteristik mahasiswa menunjukkan hasil sebanyak 80,5% mahasiswa memiliki jenis kelamin perempuan, 66,9% adalah mahasiswa angkatan 24, dan 97,5% merupakan mahasiswa yang masuk melalui jalur reguler. Hasil nilai rata-rata gambaran efikasi diri mahasiswa yang menempuh program pendidikan profesi Ners didapatkan sebesar 60,75 dari nilai maksimal 80. Pada masing-masing indikator didapatkan nilai rata-rata dari yang tertinggi ke terendah yaitu pada indikator level didapatkan nilai rata-rata 23,94 dengan nilai maksimal 32, indikator strength didapatkan nilai rata-rata 18,79 dengan nilai maksimal 24, dan indikator generality didapatkan nilai rata-rata 18,02 dengan nilai maksimal 24. Efikasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa keperawatan dapat mempengaruhi kemampuan merawat pasien secara mandiri dan membantu mahasiswa meningkatkan kompetensi dan keterampilan profesionalnya. Tingkat efikasi diri yang tinggi membuat seseorang tidak akan merasa mudah terbebani, sehingga tidak mudah merasakan kecemasan dalam dirinya. Sedangkan individu dengan tingkat efikasi diri rendah dapat mudah akan mengalami kecemasan karena merasa segala sesuatu yang dihadapi merupakan sebuah ancaman dan hambatan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai efikasi diri mahasiswa program profesi Ners masih belum maksimal, dikarenakan tidak sepenuhnya mahasiswa menyatakan sering dan sangat sering memiliki keyakinan dalam melaksanakan dan menyelesaikan proses pendidikan profesi Ners. Efikasi diri mahasiswa perlu ditingkatkan dengan cara memiliki hubungan yang baik dengan pembimbing klinik dan akademik sebagai role model, meminta persuasi verbal dari orang terdekat, serta berlatih melakukan kegiatan secara mandiri untuk mencapai tingkat kompetensi tertentu. Institusi pendidikan juga harus dapat membantu meningkatkan efikasi diri mahasiswa dengan menyediakan layanan bimbingan konseling sehingga membantu mahasiswa menghadapi masalahnya.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectEfikasi Dirien_US
dc.subjectProfesi Nersen_US
dc.subjectPendidikan Profesi Nersen_US
dc.titleGambaran Efikasi Diri Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiKeperawatan
dc.identifier.kodeprodi2310101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record