Show simple item record

dc.contributor.advisorPrasodjo, Adi
dc.contributor.advisorParamita, Cempaka
dc.contributor.authorPAHLEVI, Mochamad Reza
dc.date.accessioned2020-11-11T03:42:38Z
dc.date.available2020-11-11T03:42:38Z
dc.date.issued2020-01-19
dc.identifier.nim50810201186
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101850
dc.description.abstractBank sebagai lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Lembaga ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Bank di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Seiring berjalannya waktu, sampai dengan tahun 2018, bank yang beroperasi di Indonesia berjumlah 115 bank yang dapat dibedakan menurut jenisnya. Banyaknya jumlah bank yang beroperasi di Indonesia akan mengakibatkan persaingan antar bank menjadi sangat ketat. Bank dituntut untuk meningkatkan kinerja dan kredibilitasnya agar dapat mendapatkan nasabah baru dan mempertahankan nasabah lama. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan perbankan untuk dapat meningkatkan loyalitas nasabahnya adalah dengan menerapkan relationship marketing. Dalam menerapkan relationship marketing ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik. Penerapan strategi relationship marketing dapat menciptakan hubungan yang baik dengan para nasabahnya, sehingga akan membentuk dan meningkatkan loyalitas nasabah terhadap bank. Hal tersebut juga perlu diperhatika BNI, khususnya BNI Cabang Jember. Melihat banyaknya bank yang beroperasi di Kabupaten Jember sebanyak 30 bank yang dibagi menurut jenisnya, BNI Cabang Jember juga perlu memperhatikan strategi untuk bersaing dengan bank – bank lainnya agar dapat mempertahankan nasabah khususnya nasabah tabungan BNI Taplus. BNI Cabang Jember harus meningkatkan strategi pemasaran relationship marketing sehingga nasabah menjadi loyal dan tidak terpengaruh tawaran dari bank lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik terhadap nasabah tabungan BNI Taplus Cabang Jember. Pengambilan sampel peneltian ini menggunakan purposive sampling dengan beberapa syarat, jumlahnya ditentukan sebanyak 105 sampel. Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross section dengam sumber data yang digunakan adalah data primer. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan BNI Taplus Cabang Jember secara parsial maupun simultanen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI DAN BISNISen_US
dc.subjectRELATIONSHIP MARKETINGen_US
dc.subjectLOYALITAS NASABAHen_US
dc.titlePengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BNI Taplus Cabang Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMANAJEMEN
dc.identifier.kodeprodi0810201


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record