Show simple item record

dc.contributor.advisorHANA, Sri Wahyu Lelly
dc.contributor.advisorAPRIONO, Markus
dc.contributor.authorDEWI, Serly Anita
dc.date.accessioned2020-11-10T02:22:04Z
dc.date.available2020-11-10T02:22:04Z
dc.date.issued2020-03-11
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101827
dc.description.abstractDi era revolusi industry 4.0 saat ini, dimana digitalisasi telah menguasai banyak bidang kehidupan tidak terkecuali bidang ekonomi dan bisnis, yang mana banyak menggeser peran manusia di dalamnya. Akan tetapi terdapat peran SDM yang memang tidak dapat di gantikan oleh digitalisasi, seperti pelayanan di bidang perhotelan, peran SDM tentunya sangat penting bagi perusahaan yang menawarkan pelayanan. Angka turnover yang dimiliki perusahaan di bidang perhotelan semakin meningkat setiap tahunnya, hal ini tentunya tidak baik bagi kelangsungan perusahaan, oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan masalah tersebut dan mengatasinya dengan memperhatikan kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawannya, dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawan maka diharapkan dapat mampu mengurangi turnover intention karyawan. Terdapat banyak faktor yang dapat meningkatkan maupun menurunkan tingkat kepuasan kerja yang dirasakan karyawan, diantaranya adalah kecerdasan emosional dan job insecurity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional yang dimiliki karyawan, serta job insecurity yang rendah dirasakan karyawan dapat meningkatkan kepuasan kerja, sehingga akan menurunkan tingkat turnover intention yang dirasakan karyawan Hotel Dafam Lotus Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis dengan populasi 66 karyawan kontrak Hotel Dafam Lotus Jember. Sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi yaitu dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu sampling jenuh atau sensus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer. Data primer tersebut diperoleh dengan pemberian kuisioner kepada responden dan wawancara kepada informan sebagai penunjang penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis) dengan variabel bebas kecerdasan emosional dan job insecurity, variabel terikat turnover intention dan variabel intervening kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh positifosignifikan terhadapokepuasan kerja sementara Job insecurity tidak berpengaruh signifikan terhadapokepuasan kerja. Selanjutnya Kecerdasan Emosional berpengaruhonegatif signifikan terhadapoturnover intention sementara Job insecurity berpengaruh positifosignifikan terhadapoturnover intention. Kepuasan Kerja berpengaruh negatifosignifikan terhadap turnover intention.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherUniversitas Jember Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160810201189;
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.subjectjob insecurityen_US
dc.subjectturnover intentionen_US
dc.subjecthotel dafam lotusen_US
dc.subjectperhotelanen_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional Dan Job Insecurity Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan Kerja Pada Hotel Dafam Lotus Jember the Effect of Emotional Intelligence and Job Insecurity on Turnover Intention Through Work Satisfaction in Dafam Lotus Jember Hotelsen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi8102011


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record