dc.description.abstract | Kegunaan almari di antaranya adalah menyimpan barang-barang rumah
tangga, pelindung barang-barang tersebut dan memperindah ruangan. Umumnya
tampilan almari hanya terdiri dari 1 bangun ruang contohnya balok, sehingga kurang
mengoptimalkan tampilan luarnya. Pemodelan almari juga biasanya hanya terdapat
pada almari pecah belah. Relief yang digunakan juga kurang menampilkan unsur
kesebangunan dan kesimetrisan. Oleh karena itu, penulisan skripsi ini dimaksudkan
untuk memodelkan aksesori almari bagian atap atau alas yang bersifat sebangun dan
simetris.
Dalam penelitian modelisasi aksesori komponen almari ini dibagi menjadi
beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah studi penyajian segmen garis dan hitung
sudut antara dua garis di ruang; penyajian lingkaran, elips dan bagiannya; interpolasi
antar segmen garis, lingkaran dan elips di ruang; penyajian balok; penyajian prisma;
penyajian tabung dan permukaan geseran; penyajian kurva Hermit dan refleksi
terhadap bidang XOY, XOZ dan YOZ. Tahapan kedua adalah membahas prosedur
untuk penyelesaian masalah modelisasi aksesori komponen almari model trap dan
reliefnya. Selanjutnya tahapan terakhir dilakukan simulasi untuk memodelisasi
aksesori komponen almari tersebut dengan bantuan software Maple 13.
Untuk pola trap akan dibagi menjadi dua, yaitu pola trap standart dan pola
trap cekung. Untuk pola trap standart, pertama kita menetapkan variasi koordinat
ketinggian pada masing-masing titik. Lalu pada tiap grid kita isi menggunakan
potongan kurva segmen garis, lingkaran dan elips. Untuk memperoleh ketebalan kita
interpolasikan sejauh d satuan. Sedangkan untuk pola trap lengkung, pertama kita
tetapkan pola segitiga dan zig-zag pada alas atau atap almari. Setelah itu kita
viii
pindahkan hasil dari pola trap standart sesuai pola yang sudah dibangun. Prosedur
untuk mendesain pola relief adalah sebagai berikut. Pertama desain pola daun,
tangkai dan bunga pada bidang permukaan tiap pilar. Untuk memperoleh ketebalan
relief geser sejajar sejauh l satuan. Berikan perbandingan ukuran panjang tangkai
serta jari-jari pada elips dan lingkaran untuk memperoleh sifat kesebangunan. Setelah
itu kita kerjakan menggunakan program software Maple 13. | en_US |