Show simple item record

dc.contributor.advisorILMINNAFIK, Nasrul
dc.contributor.advisorQORYAH, Rika Dwi Hidayatul
dc.contributor.authorSANDHIYOGA, Geza
dc.date.accessioned2020-11-04T01:28:32Z
dc.date.available2020-11-04T01:28:32Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101639
dc.description.abstractPenggunaan biodiesel minyak nyamplung pada mesin diesel masih mengalami kendala, karena viskositas dan densitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak diesel. Hal tersebut mengakibatkan kinerja mesin diesel tidak optimal. Proses pemanasan bahan bakar merupakan salah satu cara untuk menurunkan viskositas dan densitas bahan agar sama dengan minyak diesel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik spray campuran biodiesel-diesel terhadap temperatur pemanasan bahan bakar yang sesuai, untuk diaplikasikan pada mesin injeksi langsung. Metode penelitian menggunakan variasi temperatur pemanasan 70o C, 90o C dan 110o C dengan variasi komposisi campuran bahan bakar minyak nyamplung B0 (minyak diesel 100 %), B20 (biodiesel nyamplung 20 % dan minyak diesel 80%), B30 (biodiesel nyamplung 30 % dan minyak diesel 70%) dan B100 (biodiesel nyamplung 100 %). Dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kenaikan temperatur dapat mempengaruhi karakteristik spray berupa spray tip penetration, spray angle, dan velocity of spray. Hasil karakteristik spray bahan bakar biodiesel murni atau B0 memiliki karakteristik spray yang paling baik dengan spray tip penetration sebesar 123.44 mm, spray angle sebesar 11.22o dan velocity of spray sebesar 32.07 mm/ms.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries161910101086;
dc.subjectKarakteristiken_US
dc.subjectSpray Biodieselen_US
dc.subjectVariasien_US
dc.subjectTemperatur Injeksien_US
dc.titleAnalisis Karakteristik Spray Biodiesel dan Campurannya Dengan Variasi Temperatur Injeksien_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record