• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Lumpur Sidoarjo (LUSI ) Pada Perkerasan Jalan Kaku Dengan Spesifikasi Gradasi Agregat Perkerasan Jalan Lentur

    Thumbnail
    View/Open
    Edo Aditya Natha Yuda - 161910301028_.pdf (6.258Mb)
    Date
    2020
    Author
    YUDA, Edo Aditya Natha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkerasan kaku merupakan konstruksi perkerasan dengan beton yang umumnya digunakan pada jalan tol dan perkerasan lentur merupakan perkerasan dengan aspal yang memiliki agregat bergradasi rapat. Kekuatan beton dipengaruhi oleh faktor air semen (fas) dan filler untuk mengisi rongga udara pada struktur beton. Lumpur Sidoarjo (Lusi) merupakan limbah material vulkanik dari dalam perut bumi yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo, dan fly ash merupakan limbah sisa pembakaran batu bara di PLTU. Lusi dan fly ash mengandung senyawa yang hampir sama dengan semen yaitu SiO2, AL2O3, Fe2O3, dan SO3 sehingga baik untuk campuran beton sebagai filler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kekuatan struktur beton menggunakan gradasi agregat perkerasan lentur dengan penambahan filler lusi dan fly ash yang diterapkan untuk jalan tol. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan variasi fas sebesar 0,40, 0,45, 0,50, 0,55 dan variasi penambahan filler lusi sebesar 0%, 45%, 55%, 65%, 75%, dan 100% terhadap fly ash. Benda uji dibuat silinder ukuran 15 x 30 cm dengan perbandingan 1:2:3. Hasil penelitian diperoleh bahwa seiring bertambahnya nilai fas maka semakin turun kuat tekannya, dan penggunaan gradasi agregat perkerasan jalan lentur pada perkerasan jalan kaku menggunakan filler fly ash dapat diterapkan pada jalan tol. Seiring bertambahnya persentase filler lusi terhadap fly ash maka semakin turun kuat tekannya dan tidak dapat diterapkan pada jalan tol karena tidak memenuhi spesifikasi jalan tol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101633
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository