dc.description.abstract | Jumlah fakultas dan program studi di Universitas Jember semakin bertambah dari tahun ke tahun. Program studi baru yang masih berumur 1-2 tahun juga belum terisi semua student body nya yang diperkirakan baru akan penuh 3-4 tahun mendatang. Pemenuhan student body untuk program studi mengakibatkan bertambahnya jumlah mahasiswa. Imbas dari pertambahan ini adalah dialihfungsikannya badan jalan di Kawasan MKWU, Fakultas Ilmu Komputer, Pascasarjana, dan Perpustakaan Universitas Jember menjadi sebuah lahan parkir (on-street parking). Oleh karena itu, kendaraan yang parkir di badan jalan perlu dialihkan menuju sebuah sarana off-street parking, dalam penelitian ini menggunakan gedung parkir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas parkir eksisting, mengetahui kapasitas rencana gedung parkir, dan desain dan spesifikasi gedung parkir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode selisih kumulatif maksimal, dimana akumulasi kendaraan keluar-masuk dibandingkan dengan kapasitas eksisiting. Metode survei yang digunakan adalah menghitung secara langsung kendaraan yang memasuki dan meninggalkan tempat parkir. Data dari survei lapangan tersebut akan digunakan sebagai perhitungan akumulasi parkir, durasi parkir, dan Indeks Parkir.
Nilai indeks parkir untuk kondisi eksisting adalah sebesar 60,81%. Karena nilai Indeks Parkir kurang dari 100%, maka ruang parkir masih dapat menampung volume yang ada. Namun, kembali ke latar belakang permasalahan yaitu adanya on-street parking, yang mana harus dipindahkan ke fasilitas off-street parking. Kebutuhan ruang parkir untuk gedung parkir sebesar 824 SRP. Nilai indeks parkir untuk gedung parkir dengan kondisi 4,36 tahun kedepan adalah sebesar 51,3% | en_US |