dc.description.abstract | Aplikasi yang bernama Tangap, Profesional, Melayani dengan Humanis (Tape Manis). Aplikasi ini dibuat oleh Polres Bondowoso yang ditujukan kepada masyarakat yang bertujuan untuk mempermudah jalannya pelayanan di Polres Bondowoso dan sudah berbasis mobile. Fitur yang terdapat di Tape Manis terbagi menjadi dua bagian. Pertama, halaman polisi yang berisi info Polres, melihat lokasi Bondowoso seperti letak kantor polisi, kantor pemerintahan, hotel, tempat wisata, bank, SPBU, tempat ibadah dan ATM, Halo Warga, Pembuatan permohonan SIM, Pembuatan permohonan SKCK, Pembuatan permohonan SPKT, dan keadaan darurat. Kedua, bagian profil yang berisi edit profil, edit password dan membuat halo warga. Tape Manis dirilis pada tanggal 22 Januari 2019. Saat ini versi aplikasi Tape Manis adalah versi ke-27 yang diluncurkan terakhir pada tanggal 8 Juli 2019. Polres Bondowoso terus melakukan pengembangan pada Tape Manis. Pengembangan sebuah sistem diperlukan evaluasi sebelumnya untuk melakukan perbaikan. Evaluasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan Tape Manis terutama dari segi pengalaman pengguna.
Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation. Variabel-variabel pada Heuristic Evaluation yaitu visibility of system status, match and between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, help users recognize, diagnose and recovers from errors dan help and documentation. Hasil dari penelitian ini yaitu rekomendasi perbaikan tiap item pada variabel Heuristic Evaluation.
Tahap awal yang dilakukan pada penelitian ini yaitu identifikasi masalah penyusunan dilanjutkan dengan pengumpulan studi literature setalah itu melakukan
perumusan masalah dan penentuan tujuan, manfaat dan batasan penelitian setlah itu dilanjutkan dengan penyusunan instrumen yang kemudian dijadikan item-item kuesioner dan dilanjutkan dengan uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dilanjutkan pengambilan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 365 responden pengguna Tape Manis masyarakat Bondowoso yang berasal dari suku Madura. Hasil dari kuesioner kemudian dianalisa dan dihitung untuk mendapatkan severity ratings tiap item pada variable heuristic evaluation yang selanjutnya akan menjadi bahan rekomendasi perbaikan Tape Manis kedepannya.
Hasil dari penelitian ini memiliki 33 item yang menghasilkan severity ratings tertinggi yaitu 2 (minor usability problem) yang artinya terdapat masalah yang mengganggu kenyamanan pengguna. Dibutuhkan perbaikan dengan tingkat prioritas rendah. pada item Tidak terdapat langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi Tape Manis dari Variabel Help and Documentation dan lainnya menghasilkan severity ratings 1 (cosmetic problem) yang artinya terdapat masalah tetapi tidak mempengaruhi kenyamanan pengguna, perbaikan tidak terlalu dibutuhkan pada 32 item lainnya. Dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh bagian pada apilkasi Tape Manis terdapat masalah tetapi tidak mengganggu kenyamanan pengguna, dan tidak perlu perbaikan apabila waktu terbatas. | en_US |