dc.description.abstract | Sektor industri pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan dengan
adanya kenaikan jumlah wisatawan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain
itu, munculnya objek-objek wisata baru membuat persaingan semakin ketat.
Sehingga membuat pengelola akan semakin memperbaiki dan mempercantik
objek wisata tersebut. Hal ini juga dilakukan pengelola objek wisata Pantai
Papuma Jember. Berbagai cara dilakukan untuk menarik minat wisatawan untuk
berkunjung ke Pantai Papuma, karena wisatawan akan berusaha mencari objek
wisata yang terbaik untuk mereka kunjungi. Berbagai hal yang menyangut
kualitas objek wisata Pantai Papuma akan diperhitungkan oleh wisatawan.
Beberapa hal tersebut antara lain citra destinasi, harga, dan word of mouth. Citra
destinasi, harga, dan word of mouth disini penting untuk dikaji karena
mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan dari berbagai daerah ke Pantai
Papuma Jember. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh
citra destinasi, harga, dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung wisata
Pantai Papuma Jember.
Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan populasi
yaitu seluruh pengunjung Pantai Papuma Jember. Pada penelitian ini teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non-Probability Sampling
dengan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel sebanyak 150 responden.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukan bahwa citra destinasi memiliki pengaruh signifikan
terhadap keputusan berkunjung dilihat dari nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar
0,000; harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dilihat
dari nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,000 dan word of mouth memiliki
pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dilihat dari nilai signifikansi
< 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik citra
destinasi, harga, dan word of mouth maka keputusan berkunjung pada wisata
Pantai Papuma Jember akan mengalami peningkatan. | en_US |