Show simple item record

dc.contributor.advisorBUDI, Sri Handono
dc.contributor.advisorSUBIKI
dc.contributor.authorFAQILLAH, Maulidatul
dc.date.accessioned2020-08-25T03:18:17Z
dc.date.available2020-08-25T03:18:17Z
dc.date.issued2020-02-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100653
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam secara sistematis sehingga pembelajaran fisika bukan hanya untuk penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja melainkan juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran kontekstual. Pembelajaran konstektual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi antara yang diajarkan dengan dunia nyata. Model pembelajaran REACT dilaksanakan dengan menghubungkan pembelajaran di kelas dengan situasi nyata (relating), menekankan pada bentuk pengalaman (experiencing) dan kerjasama siswa (cooperating), mempresentasikan pembelajaran dalam pemanfaatan (applying), serta memanfaatkan pengetahuan dalam situasi baru (transferring).. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar dalam pembelajaran fisika di SMA, (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika di SMA.. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gambiran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA. Sampel diambil setelah melakukan uji homgenitas. Design penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan wawancara.. Sampel dalam penelitian ini adalah XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini materi yang digunakan adalah listrik statis. Berdasarkan uji statistik uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig 0,148 pada Levene’s Test For Equality of Variances. Nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa varians data homogen. Sehingga lajur yang digunakan adalah Equal variances assumed. Berdasarkan lajur Equal variances assumed tampak bahwa nilai sig.(2-tailed) = 0.000 maka nilai Sig.(1tailed) = 0.000 sehingga 0.000 ≤ 0,05. Oleh karena itu sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa. Kemudian kemampuan berpikir kritis selanjutnya diuji dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test. Berdasarkan uji statistik Independent Sample t-test diperoleh nilai Sig 0,436 pada Levene’s Test For Equality of Variances. Nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa varians data homogen. Sehingga lajur yang digunakan adalah Equal variances assumed. Berdasrakan lajur Equal variances assumed tampak bahwa nilai sig.(2-tailed) = 0.000 maka nilai Sig.(1tailed) = 0.000 sehingga 0.000 ≤ 0,05. Oleh karena itu sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan penelitian ini adalah (1) model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Gambiran, (2) model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Gambiranen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210102020;
dc.subjectmodel pembelajaran react relatingen_US
dc.subjectexperiencingen_US
dc.subjectapplyingen_US
dc.subjectcooperating and transferringen_US
dc.subjectgejala alamen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Smaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record