dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pengunjung Pada Obyek Wisata Taman Botani Sukorambi Jember”.
Penelitian ini ditujukan untuk mengtahui pengaruh bukti fisik (X1), keandalan (X2),
daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap kepuasan pengunjung (Y).
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung obyek wisata Taman Botani
Sukorambi Jember. Teknik pengambilan sampling penelitian ini menggunakan
purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 105 orang. Alat analisis yang
digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan karakteristik responden, mayoritas responden berusia termasuk
dalam usia remaja yaitu 17-25 tahun. Selain itu responden didominasi oleh
pengunjung dengan pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas. Status pekerjaan
responden didominasi oleh responden dengan status pelajar atau mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan
positif terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Botani. 2) keandalan secara
parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata
Botani. 3) daya tanggap secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap
kepuasan pengunjung Taman Wisata Botani. 4) jaminan secara parsial berpengaruh
signifikan positif terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Botani. 5) empati
secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pengunjung Taman
Wisata Botani. | en_US |