• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancang Bangun Antarmuka Aplikasi Smansamore Flipped School Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd) (Studi Kasus: Sman 1 Glenmore)

    Thumbnail
    View/Open
    Rosita Roudatul Janah - 152410101075.pdf (7.001Mb)
    Date
    2020-01-23
    Author
    JANAH, Rosita Roudatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Smansamore Flipped School (SFS) merupakan aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan oleh Gubuk IT (tim yang membuat dan mengembangkan beberapa aplikasi di Banyuwangi) yang ditujukan untuk siswa SMAN 1 Glenmore. Pemanfaatan SFS saat ini belum optimal. Berdasarkan hasil observasi aplikasi SFS dengan wawancara kepada pengguna (beberapa siswa), pengguna mengalami kesulitan dalam mengoperasikan SFS. Contohnya, pengguna sulit membedakan mata pelajaran dikarenakan keterangan pada gambar yang sama, desain tampilan kurang menarik dan terkesan monoton, serta pengguna membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuka suatu halaman. Selain itu, masih banyak fitur-fitur yang belum bisa digunakan. Berdasarkan pernyataan pengguna tersebut, maka aplikasi SFS dinilai kurang user friendly. User friendly memiliki kriteria diantaranya yaitu, tampilan aplikasi seharusnya menarik, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan aplikasi. Dari keempat kriteria, SFS hanya memenuhi 1 kriteria. Untuk memenuhi kriteria tersebut, maka dibutuhkan analisis sistem berdasarkan pengalaman pengguna untuk melakukan pengembangan dan perbaikan terhadap aplikasi SFS tersebut. Sistem yang user friendly dibangun berdasarkan hasil evaluasi sistem yang dapat diterapkan melalui metode User Centered Design (UCD). User Centered Design merupakan sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Pendekatan UCD akan melibatkan pengguna pada proses pengembangan sehingga pengguna dapat memberikan saran mengenai antarmuka aplikasi, serta hasil akhir dalam perancangan aplikasi ini diharapkan menghasilkan desain solusi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100455
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1056]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository