• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Strategi Bisnis Toko Kelontong Model Offline to online (O2O) Menggunakan Framework ICDT (Information, Communication, Distribution, Transaction) Berbasis Mobile App

    Thumbnail
    View/Open
    Ludfi Ika Purwantini-152410101063.bak.pdf (1.633Mb)
    Date
    2019-09-27
    Author
    PURWANTINI, Ludfi Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan toko modern di Indonesia saat ini mempengaruhi perkembangan toko kelontong. Berdasarkan catatan Federasi Organisasi Pedagang Pasar Indonesia (FOPPI) periode 2004-2007, laju pertumbuhan supermarket mencapai 50% per tahun (Utomo, 2011). Hal yang perlu dikembangkan dalam usaha toko kelontong agar dapat bersaing dengan toko modern yaitu perlu adanya tindakan agar toko kelontong dapat bersaing dengan toko modern. Upaya mempertahankan keberlangsungan suatu industri perlu dikembangkannya suatu strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Offline to online (O2O) adalah sebuah model e-commerce yang memiliki beberapa keunggulan yaitu biaya rendah, pemasaran yang akurat dan layanan pribadi. Hal ini sangat cocok dengan UMKM yang dapat dengan cepat bertumbuh besar dan kuat karena memiliki fleksibilitas tinggi dibandingkan usaha yang berkapasitas lebih besar. Salah satu cara penerapan mobile commerce yang sesuai dengan O2O yaitu dengan menerapan framework Information, Communication, Distribution, and Transaction (ICDT) untuk merancang strategi bisnis pada usaha toko kelontong. Penyusunan strategi pemasaran toko kelontong dalam penelitian ini yaitu dengan mengintregasikan pengembangan strategi offline to online dengan framework Information, Communication, Distribution, dan Transaction (ICDT). Survey dilakukan dengan cara wawancara terhadap pemilik toko kelontong dengan tujuan untuk mengetahui strategi apa yang telah dijalankan saat ini. Wawancara juga dilakukan kepada pembeli toko kelontong menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Uji kredibilitas / keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian ini yaitu mengembangkan srategi pada toko kelontong dari toko tradisional atau offline menjadi toko kelontong online dengan mengintregasikan framework ICDT dan menghasilkan rekomendasi desain
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100211
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1025]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository