Browsing by Author "NA'IM, Mohammad"
Now showing items 1-20 of 24
-
Analysis of Prior Knowledge of Educators on Edmodo E-Learning Media and Schoology and its Relationship with Students Critical Thinking Ability
SULININGSIH, Suliningsih; UMAMAH, Nurul; NA'IM, Mohammad (IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2021-05-12)Technology-based learning media is the recommended media in the 2013 curriculum. The used facilitates students to learn to find, solve problems and be able to draw their own conclusions. Media is expected to facilitate ... -
The Development of Digital Textbook Using eXe Format to Elevate Learning Effectiveness in History Instruction at The Second Grade of Senior High School
SWASTIKA, Kayan; NA'IM, Mohammad (International Journal Of Education And Humanities (IJEH), 2022-12-30)This research is aimed at producing a digital textbook using eXe format (E-Learning XHTML Editor) in the History subject of the second grade of senior high school in a chapter focusing on “Dutch Military Aggression”. The ... -
Development of E-Books and E-Modules for Thematic Learning The Beauty of Diversity in My Country Sub-theme 2 Grade IV SD Negeri Sumber Pandan 2
NA'IM, Mohammad; UMAMAH, Nurul; SOEPONO, Bambang; PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu; PANGASTUTI, Era Iswara; KURNIANTO, Fahmi Arif (International Journal of Academic Multidisciplinary Research, 2022-10)The problem in this study is that the theme of the beauty of diversity in my country is that educators only use one reference book, namely thematic books from the government, they have never used modules in learning, and ... -
The Dynamics of Lazarus Batik Industry House in Kaliwates District, Jember Regency, 2012-2018
BARI, Blandina Vintima; SWASTIKA, Kayan; NA'IM, Mohammad (Jurnal Historica, 2021-02-01)The Lazarus Batik Industry House is a hereditary business and is a Madurese batik business whose motives are always changing. The problems in this research are: (1) What is the background for the establishment of the ... -
Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP di SMA Negeri 1 Kencong
SAIDAH, Malichatus (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-03-05)Pembelajaran sejarah sebagai suatu program juga tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari pelaksanaanya. Begitu juga dengan penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah yang masih banyak dijumpai permasalahan ... -
Hubungan Kompetensi Personal Dan Kompetensi Pedadogik Guru Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pembelajaran Sejarah
RULLOH, Nawang Ayu Sakti (FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN, 2020-01-24)Perkembangan peserta didik di dalam lingkungan kehidupannya yang semakin luas pada masa pengetahuan memerlukan suatu perencanaan pendidikan yang efektif dan efisien Beberapa penelitian yang mengungkapkan pentingnya kompetensi ... -
Hubungan Kompetensi Personal dan Kompetensi Pedadogik Guru Sman Kabupaten Jember Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pembelajaran Sejarah
RULLOH, Nawang Ayu Sakti (2020)Perkembangan peserta didik di dalam lingkungan kehidupannya yang semakin luas pada masa pengetahuan memerlukan suatu perencanaan pendidikan yang efektif dan efisien Beberapa penelitian yang mengungkapkan pentingnya kompetensi ... -
Implementasi Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Tingkat Dasar dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA 1 Arjasa Tahun Ajaran 2018/2019
IRFAN, Mohammad (2019-10-10)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik Kelas XI IPS 1 SMAN 1 ... -
Megalithic Culture at the Maskuning Kulon Site Pujer Bondowoso
L WIJAYANTI, L Wijayanti; SWASTIKA, Kayan; SUMARJONO, Sumarjono; NA'IM, Mohammad; PRATAMA, Akhmad Ryan (IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2021-05-12)This study examines the megalithic culture at the MaskuningKulon Site, Bondowoso. This site is one of the megalithic sites located in MaskuningKulon Village, Pujer District, Bondowoso Regency. The research objectives ... -
The Needs Analysis of Expansion Blended Learning Using Icare’s Model in History Learning for Tenth Grade in Senior High School Level
R ANDRIANI, R Andriani; UMAMAH, Nurul; NA'IM, Mohammad (IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2021-05-12)The needs analysis of is an important component to identify educational problems. As the first step in instructional product development, the needs analysis must be done carefully. Research activities were carried out ... -
Pedagogical Content Knowledge (Pck) Pendidik Sejarah SE Kabupaten Jember
SUSILOWATI, Indah (2019-05-31)Pendidik profesional menjadi salah satu persyaratan meningkatnya kualitas pendidikan suatu negara. Pendidik memiliki peranan besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang mendukung target kurikulum. Pendidik juga berperan ... -
Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Penjelajahan Lingkungan Berbasis Sejarah Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Ips 3 Sman 3 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017
SULTHON S, Dimas (2019)Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam ... -
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
SULAIHAH (2017-08-03)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan sikap percaya diri melalui penerapan metode pembelajaran buzz group pada peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017 dan (2) ... -
Penerapan Metode Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ips 2 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri Rambipuji- Jember Tahun Ajar 2018/2019
ARINDA, Aisah Faradilla (2019-04-18)Pembelajaran sejarah saat ini perlu diperhatikan. Pasalnya kemampuan kognitif peserta didik tergolong rendah. Dapat dilihat dari hasil ulangan tengah semester peserta didik banyak yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu ... -
Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019
FITRASARI, Linda (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-05-28)Salah satu tujuan pembelajaran sejarah dalam kurikulum K13 yaitu menumbuhkan keterampilan berpikir sejarah (historical thinking). Namun berdasarkan hasil observasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat memiliki ... -
Pengaruh Kualitas Pertanyaan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
SULISTIONA, Antonius Denny Cahyo (2017-12)Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh Kualitas Pertanyaan terhadap Hasil Belajar adalah rendah, yaitu sebesar 0,243; (2) pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar adalah kuat, yaitu sebesar 0,610; ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran (Inkuiri dan Resitasi ) dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016
SUSILO, Tri (2018-11-14)Metode Pembelajaran yang sesuai pelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam hal ini Pendidik berperan penting sebagai fasilitator penentu metode Peserta didikan dalam ... -
PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN (PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN) DAN PEKERJAAN ORANGTUA TERHADAP SIKAP WIRAUSAHA (Penelitian Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Jember Tahun Ajaran 2015/2016)
GHUFRON, Akhmad Muzaki (2017-01-11)Dari penelitian ini diperoleh temuan: ada pengaruh dari prestasi belajar mata pelajaran (Prakarya dan Kewirausahaan) dan pekerjaan orangtua teradap sikap wirausaha. Pengaruh yang paling besar diperoleh dari pengaruh pekerjaan ... -
Pengembangan Media Berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model 4D
ROHMAN, Prasetyo Nur; NA'IM, Mohammad; SUMARDI, Sumardi (JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2021-05-20)Rendahnya daya tarik peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah menjadi permasalahan yang dihadapi pengajar. Media prezi dimungkinkan dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam belajar mata pelajaran sejarah. ... -
Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Mindjet Mindmanager 14 pada mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model 4D
INAYATI, Siti (2019-10-05)Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang menunjang pembelajaran yang lebih menekankan pada nilai-nilai kebangsaan, moral dan pembentukan karakter yang berorientasi pada kurikulum 2013. Namun mata ...