Browsing by Author "Fitriyah, Chumi Zahroul"
Now showing items 1-20 of 25
-
Analisis Aspek-Aspek Nilai Moral dalam Kearifan Lokal Rumah Adat Using Desa Kemiren Banyuwangi sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Dasar
Tsalis, Kurnia Intan Suroni (2019-09-04)Kearifan lokal ini bisa dikenalkan pada anak usia dini melalui sekolah formal, agar terjaga kelestariannya. Berdasarkan Kompetensi Dasar 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi ... -
Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang
KHOIROH, Aida Rizaqul (2018-02-01)Latar belakang penelitian ini mengacu pada tujuan Kurikulum pendidikan yang berbasis karakter yang dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa namun dalam aplikasinya masih belum memenuhi hal tersebut. Hasil observasi ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN TEGAL GEDE 01 JEMBER
Khotimah, Siti (2016-08-18)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 02 JEMBER
Rahayu; Fitriyah, Chumi Zahroul; Novenda, Ika Lia (2016-05-13)This research was motivated by low student's critical thinking ability and student learning outcomes is sufficient in fourth grade SDN Jatisari 02 Jember. The problem this research is how the application of problem-based ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER
Sayektie, Serly Ayu (2016-08-18)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ... -
Penerapan Model Problem-Based Learning (Pbl)Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Indahnya Negeriku” Di SD Al Baitul Amien Jember ”
Purwati, Susi (2017-11-27)Kurikulum pendidikan terus dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Melalui perubahan kurikulum, diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Salah satu usaha pemerintah yang saat ini dilakukan yaitu melalui ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV B SDN PATRANG 01 JEMBER
Abdillah, Dani (2018-06-06)Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang disajikan kepada siswa dengan situasi permasalahan yang identik dan bermakna dapat memberikan kemudahan dalam melakukan penyelidikan. Tanpa adanya permasalahan yang ... -
PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DENGAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI TEMA PAHLAWANKU PADA SISWA KELAS IVa SDN KEBONSARI 01 JEMBER
Ningsih, Evi Sulistya (2018-04-13)Penerapan teknik mind mapping dengan metode SQ3R pada tema pahlawanku dilaksanakan dengan baik sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumnya. Hal ini terlihat dari hasil analisis pada ... -
Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman Negeriku Pada Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah1 Jember
Rahmi, Elfa Mahardika Yustia (2019-08-13)Kegiatan pembeajaran pada kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada ranah kognitif siswa, namun juga melibatkan ranah afektif dan psikomotorik. Guru kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Jember belum menerapakan metode pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Energi dan Perubahannya Di SDN Ajung 03 Jember
Sari, Siti Esa Devika (2017-10-24)Hasil wawancara dan observasi terhadap guru kelas III dan siswa kelas III menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Model pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Wayang Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Pada Siswa Kelas IV DI MI Unggulan Nuris Jember
Novitasari, Ratih (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-07-03)Pembelajaran tematik terpadu merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga peserta didik menjadi bermakna dalam pembelajarannya. Proses pembelajaran yang digunakan saat ini ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 6 Subtema 1 Suhu dan Kalor Di SDN Kepatihan 03 Jember
Haimi, Firda Nur (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-02-17) -
Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kegiatan Jual Beli di SDN Kepatihan 06 Jember
Yanti, Linda (2018-12-03)Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS DI SDN KEMUNINGSARI LOR 02 JEMBER
Sahputri, Elma Deasy Maya (2017-12-19)Hasil wawancara dan observasi dengan guru kelas IV A dan B SDN Kemuningsari Lor 02 pada tanggal 20 Juli 2016, menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan ... -
Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Balung Lor 03
Sholeha, Helmiyatus (Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-06-03)Pembelajaran pada kurikulum 2013 saat ini lebih menekankan pada karakteristik pembelajaran yang mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER
Aliyah, Siti Himmatul (2016-01-08)Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI. Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember
Nuritasari, Andriani Viki (2015-11-30)Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, dapat meningkatkan potensi intelektual ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBER
ERNAWATI (2015-11-30)Proses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015
Jan’nah, Arda Mareta Nur (2015-11-30)Pembaharuan dalam bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah pembaharuan pada pendekatan pembelajaran. Pendekatan memerlukan perubahan paradigma pembelajaran, ... -
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Ensiklopedia pada Tema Sehat Itu Penting Subtema 1 Pembelajaran 3 untuk Kelas V SD
Mayasari, Oktaviana (2018-11-12). SD yang menerapkan kurikulum 2013, penyediaan sumber belajar untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi peserta didik tentu dibutuhkan. Penyediaan sumber belajar yang berbeda dari buku siswa diperlukan untuk menyelesaikan ...