• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Pokok Bahasan Fluida Statis Berbasis Potensi Lokal pada Waduk Lecari Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    FAIQOTUL HIMMAH - 170210102105.pdf (9.486Mb)
    Date
    2021-07-04
    Author
    HIMMAH, Faiqotul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran fisika di SMA bertujuan agar siswa mampu menguasai konsep-konsep fisika dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya sehingga lebih menyadari keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Pembelajaran fisika membantu siswa untuk mengembangkan diri menjadi individu yang memiliki sikap ilmiah, mampu memproses fenomena dan pengetahuan yang diperoleh serta mampu memahami bagaimana fenomena-fenomena yang ada di sekitarnya bekerja. Berdasarkan survei awal yang dilakukan di SMAN 1 Gambiran, media pembelajaran di kelas menggunakan buku ajar konvensional. Setiap guru pada semua tingkat pendidikan paling tidak menggunakan satu buku ajar dalam proses pembelajarannya. Kebanyakan guru menggunakan buku ajar untuk pembelajaran di kelas dan pemberian tugas atau latihan. Buku ajar digunakan untuk menyampaikan materi dan menentukan strategi pembelajarannya, sedangkan siswa menggunakan buku ajar sebagai sumber informasi dalam pengerjaan tugas di sekolah ataupun pekerjaan rumah. Beberapa penelitian pada buku ajar juga menunjukkan adanya miskonsepsi pada penjelasan konsep, penyajian rumus, penulisan simbol, penggunaan satuan, penyajian gambar maupun penyajian soal. Modul merupakan salah satu sarana selain buku ajar yang dapat membantu siswa dalam mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru di kelas. Modul merupakan salah satu media pembelaran yang menyajikan materi yang tersusun secara sistematis dan utuh, agar siswa lebih terarah dan mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Modul tidak hanya digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, namun modul juga dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga nantinya siswa mampu berkembang dengan sendirinya. Pada era globalisasi seperti sekarang ini, produk dan budaya asing merambah dan berkembang sangat pesat dalam kehidupan bangsa. Masing-masing daerah memiliki identitas dan kekhasan yang menjadi keunggulannya. Untuk mengatasi degradasi ini tentunya pendidikan sangatlah memiliki peranan penting. Pengimplementasian potensi lokal dalam sarana pembelajaran diharapkan lebih meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat melestarikan potensi lokal itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis potensi lokal dan mengkaji respon siswa terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk menggunakan model pengembangan four-D. Analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Teknik analisis data untuk melihat validitas modul menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pada efektivitas teknik analisis data yang digunakan yaitu ketuntasan individu dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik analisis data pada kepraktisan menggunakan analisis skala Likert lima interval secara kuantitatif. Hasil validasi ahli mendapatkan persentase validasi 90,8% dengan klasifikasi sangat valid. Sedangkan untuk validasi pengguna mendapatkan persentase sebesar 79,2% dengan klasifikasi valid. Hasil gabungan validasi ahli dan validasi pengguna menunjukkan klasifikasi sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk materi fluida statis. Hasil analisis data efektivitas diperoleh dari ketuntasan belajar klasikal yang mencapai 86,67% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon siswa mendapatkan persentase 75,6%. Sehingga, modul pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis berbasis potensi lokal pada Waduk Lecari memiliki klasifikasi praktis sebagai bahan ajar pada materi fluida statis
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108082
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository