• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Periklanan Kosmetika Sediaan Perawatan Kulit di Media Sosial Instagram”

    Thumbnail
    View/Open
    Afriza Amalia - 162210101038.pdf (2.482Mb)
    Date
    2021-01-29
    Author
    AMALIA, Afriza
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model periklanan yang saat ini sedang trend di masyarakat yaitu social media marketing atau social media advertising. Media sosial memungkinkan bisnis dan merek terhubung dengan pelanggan dengan cara yang menarik dan kreatif sehingga memungkinkan merek untuk menjangkau banyak pelanggan dengan efisiensi. Berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dikeluarkan pada bulan Januari 2019 mengenai pengguna media sosial menyatakan bahwa terdapat 150 juta jiwa dengan presentase 56% dari total populasi pengguna media sosial di Indonesia. Instagram adalah salah satu media yang menjadi trend dan banyak digunakan di Indonesia. Dalam melaksanakan fungsi pegawasan termasuk pengawasan terhadap kosmetik, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melaksanakan pengawasan terhadap iklan kosmetik yang termasuk post-market control atau pengawasan yang dilakukan setelah produk beredar. Peraturan BPOM yang digunakan sebagai pedoman pengawasan iklan kosmetik yaitu Peraturan Kepala BPOM RI no 18 tahun 2016 tentang pedoman teknis pengawasan iklan kosmetika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi iklan kosmetik di media sosial instagram sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pada penelitian ini menggunakan sampel iklan kosmetik yang diunggah di media sosial instagram. Iklan dianalisis menggunakan daftar tilik yang sudah disesuaikan dengan peraturan BPOM mengenai pedoman iklan kosmetik. Pada daftar tilik terdapat enam poin yang dianalisis yaitu bahasa, norma, pemeran iklan, data riset dan statistik, testimoni dan rekomendasi serta pernyataan yang terkait dengan klaim kosmetik. Pengambilan sampel dilakukan selama 7 hari berturut-turut dengan cara menggunakan tagar di pencarian terpopuler. Digunakan lima tagar, dimana masing-masing diambil 10 iklan teratas pada tagar tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108002
    Collections
    • UT-Faculty of Pharmacy [1518]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository