Pengembangan E-Modulpembelajaran Fisika Kontekstual Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls di Sma
Abstract
Pandemi saat ini mengakibatkan pembelajaran berlangsung secara daring.
Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran jarak jauh dengan aktivitas
mengajar yang dilakukan secara terpisah. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang
Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus
Disease (Covid-19) mengenai proses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah.
Penyampaian materi pada saat pembelajaran daring memerlukan suatu
bahan ajar yang dapat digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam
memahami materi, khususnya pada mata pelajaran fisika yang sering dianggap
sulit oleh peserta didik. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan yaitu e modul. E-modul tersebut harus dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu software yang
dapat digunakan untuk mengembangkan e-modul adalah 3D PageFlip
Professional. Agar materi yang ada pada e-modul dapat dipahami dengan mudah
oleh peserta didik, maka dapat menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual
pada e-modul tersebut. Pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang
menghubungkan antara materilyang sedang dipelajari dengan kehidupan nyata
yang dihadapi oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development).
Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model penelitian
pengembangan Nieveen yang mempunyai tiga tahapan, yaitu preliminary
research, prototyping phase, dan assesment phase. Instrument perolehan data
yang digunakan berupa lembar validasi, lembar soal pre-test dan post-test, serta
lembar angket respon peserta didik terhadap e-modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum
dan impuls. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Yosowilangun pada tanggal 15
Juli sampai 12 Agustus 2021. Subjek dari penelitian pengembangan ini yaitu
peserta didik kelas XI IPA sebagai kelas uji produk di SMAN 1 Yosowilangun
tahun ajaran 2021/2022, satu orang pendidik mata pelajaran fisika di SMAN 1
Yosowilangun serta dua orang validator ahli dari dosen Pendidikan Fisika
Universitas Jember.
E-Modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip
Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls dinyatakan valid oleh
dua validator ahli dan satu validator pengguna dengan rata-rata persentase sebesar
91% dan termasuk dalam kategori sangat valid sehingga dapat diimplementasikan
pada proses belajar mengajar. Sebelum diuji cobakan dalam skala besar, e-modul
pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional diuji cobakan
dalam skala kecil. Uji terbatas dilakukan di SMAN 1 Yosowilangun pada kelas XI
IPA 4 dengan jumlah peserta didik yaitu 10 orang dengan N-gain sebesar 0,53.
Skor tersebut termasuk meningkat dalam kategori sedang atau cukup efektif.
Selanjutnya yaitu uji lapangan, uji lapangan dilakukan pada kelas XI IPA 3 di
SMAN 1 Yosowilangun dengan jumlah peserta didik yaitu 20 orang dengan N gain sebesar 0,63. Skor tersebut termasuk meningkat dalam kategori sedang atau
cukup efektif. Tingkat efektifitas termasuk dalam kategori sedang dikarenakan
peserta didik sudah pernah mendapatkan materi yang serupa pada saat kelas X
semester genap. Selain itu, peserta didik juga belum familier dengan bahan ajar e modul fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional ini, sehingga masih
kurang paham dengan cara penggunaannya.
Respon peserta didik terhadap e-modul pembelajaran fisika kontekstual
berbasis 3D PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls.
Rata-rata respon peserta didik kelas XI IPA 3 terhadap e-modul sebesar 81,2%
yang termasuk dalam kategori sangat positif. Hal tersebut berarti peserta didik
merespon dengan baik e-modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D
PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls.