• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modulpembelajaran Fisika Kontekstual Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls di Sma

    Thumbnail
    View/Open
    170210102056.pdf (9.235Mb)
    Date
    2021-10-18
    Author
    NINGTIAS, Hana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pandemi saat ini mengakibatkan pembelajaran berlangsung secara daring. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran jarak jauh dengan aktivitas mengajar yang dilakukan secara terpisah. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) mengenai proses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah. Penyampaian materi pada saat pembelajaran daring memerlukan suatu bahan ajar yang dapat digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi, khususnya pada mata pelajaran fisika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan yaitu e modul. E-modul tersebut harus dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu software yang dapat digunakan untuk mengembangkan e-modul adalah 3D PageFlip Professional. Agar materi yang ada pada e-modul dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik, maka dapat menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada e-modul tersebut. Pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang menghubungkan antara materilyang sedang dipelajari dengan kehidupan nyata yang dihadapi oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development). Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model penelitian pengembangan Nieveen yang mempunyai tiga tahapan, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Instrument perolehan data yang digunakan berupa lembar validasi, lembar soal pre-test dan post-test, serta lembar angket respon peserta didik terhadap e-modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Yosowilangun pada tanggal 15 Juli sampai 12 Agustus 2021. Subjek dari penelitian pengembangan ini yaitu peserta didik kelas XI IPA sebagai kelas uji produk di SMAN 1 Yosowilangun tahun ajaran 2021/2022, satu orang pendidik mata pelajaran fisika di SMAN 1 Yosowilangun serta dua orang validator ahli dari dosen Pendidikan Fisika Universitas Jember. E-Modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls dinyatakan valid oleh dua validator ahli dan satu validator pengguna dengan rata-rata persentase sebesar 91% dan termasuk dalam kategori sangat valid sehingga dapat diimplementasikan pada proses belajar mengajar. Sebelum diuji cobakan dalam skala besar, e-modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional diuji cobakan dalam skala kecil. Uji terbatas dilakukan di SMAN 1 Yosowilangun pada kelas XI IPA 4 dengan jumlah peserta didik yaitu 10 orang dengan N-gain sebesar 0,53. Skor tersebut termasuk meningkat dalam kategori sedang atau cukup efektif. Selanjutnya yaitu uji lapangan, uji lapangan dilakukan pada kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Yosowilangun dengan jumlah peserta didik yaitu 20 orang dengan N gain sebesar 0,63. Skor tersebut termasuk meningkat dalam kategori sedang atau cukup efektif. Tingkat efektifitas termasuk dalam kategori sedang dikarenakan peserta didik sudah pernah mendapatkan materi yang serupa pada saat kelas X semester genap. Selain itu, peserta didik juga belum familier dengan bahan ajar e modul fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional ini, sehingga masih kurang paham dengan cara penggunaannya. Respon peserta didik terhadap e-modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls. Rata-rata respon peserta didik kelas XI IPA 3 terhadap e-modul sebesar 81,2% yang termasuk dalam kategori sangat positif. Hal tersebut berarti peserta didik merespon dengan baik e-modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis 3D PageFlip Professional pada pokok bahasan momentum dan impuls.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107832
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15290]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository