Peran Kapabilitas Dinamis Berbasis Literasi Digital Terhadap Kinerja Inovasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Wilayah Bakorwil Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi lingkungan
terhadap kapabilitas dinamis berbasis literasi digital dan kinerja inovasi
pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah. Kapabilitas dinamis berbasis literasi
digital terdiri atas dua komponen penting yaitu kompetensi pemasaran dan
kompetensi riset dan pengembangan. Sifat penelitian ini adalah eksplanatori
dimana jumlah sampel penelitian yaitu usaha mikro, kecil dan menengah yang
sudah menggunakan teknologi informasi dengan jumlah responden sebanyak 200
usaha mikro, kecil dan menengah yang terbagi secara proporsional untuk tujuh
daerah di wilayah bakorwil Jember dengan metode pengambilan sampel
menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan
analisis SEM dengan bantuan software AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi lingkungan berpengaruh tidak
signifikan terhadap kompetensi pemasaran. Strategi lingkungan berpengaruh
signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kompetensi riset dan
pengembangan serta berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif
terhadap kinerja inovasi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah.
Kompetensi pemasaran dan kompetensi riset dan pengembangan berpengaruh
signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kinerja inovasi pemasaran
usaha mikro, kecil dan menengah. Komptensi riset dan dan pengembangan
berpengaruh signifikan dengan arah hubungan yang positif terhadap kinerja
pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah.
Collections
- Dissertasi S3 [78]