• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Teladan dari Dunia Binatang Karya Novita Widyastuti Sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas II di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Purnamasari - 170210204010.pdf (2.478Mb)
    Date
    2021-09-27
    Author
    PURNAMASARI, Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nilai-nilai pendidikan karakter adalah nilai-nilai berbudaya yang sopan dan santun untuk menjunjung tinggi persaudaraan yang kuat, toleransi antar sesama dan saling menghormati. Karakter diajarkan sejak dini adalah kunci utama membangun generasi muda untuk bangsa Indonesia. Pendidikan karakter merupakan kegiatan bagi peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian yang unggul. Penanaman karakter pada peserta didik perlu cara kreatif yang berhubungan erat dengan dunia anak, salah satunya melalui karya sastra. Nilai-nilai karakter dapat ditemukan dalam sastra sebagai aktivitas pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk karakter anak yaitu melalui dongeng fabel. Dongeng fabel merupakan salah satu cerita fiksi yang menceritakan kehidupan hewan yang memiliki sifat dan perilaku layaknya manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apa sajakah nilai-nilai pendidikan karakter pada dongeng fabel karya Novita Widyastuti?; dan (2) bagaimanakah pemanfaatan dongeng fabel sebagai alternatif bahan ajar di SD?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng fabel karya Novita Widyastuti dan pemanfaatan dongeng fabel sebagai alternatif bahan ajar di SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas atas beberapa tahap yaitu, reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 nilai-nilai pendidikan karakter, yang ditemukan dalam buku yang berjudul “Dongeng Teladan dari Dunia Binatang” karya Novita Widyastuti hanya 10 nilai pendidikan karakter yang meliputi: (1) jujur, (2) toleransi, (3) kerja keras, (4) kreatif, (5) mandiri, (6) rasa ingin tahu, (7) cinta damai, (8) tanggung jawab, (9) bersahabat/komunikatif, dan (10) peduli sosial. Buku “Dongeng Teladan dari Dunia Binatang” dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada kelas 2. Materi pembelajaran yang terkait dengan pemanfaatan dongeng fabel sesuai kurikulum 2013 yang terdapat pada tema 7 subtema 1 KD 3.8 menggali informasi dari dongeng (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan dan KD 4.8 mencermati kembal teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107697
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository