Elsa Munawarotul Penggunaan Metode Tabel Dalam Menyelesaikan Soal Rangkaian Listrik Tertutup Dua Loop Pada Siswa Sma
Abstract
Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang berkaitan erat dengan ilmu matematika karena sebagian besar teori dalam fisika dinyatakan dalam bentuk notasi matematis. Melalui pembelajaran fisika, siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan menyelesaikan masalah fisika baik dalam kehidupan sehari-hari maupun masalah dalam soal. Penyelesaian soal rangkaian listrik tertutup dua loop ini menggunakan konsep Hukum II Kirchoff dengan metode eliminasi-substitusi. Tahapan penyelesaian dengan metode tersebut membutuhkan waktu pengerjaan relatif lama karena membutuhkan analisis yang cukup panjang, rumit, dan memerlukan penjabaran lebih lanjut. Urgensi selanjutnya pada pelaksanaan CBT, siswa tidak lagi menggunakan kertas pada saat ujian, melainkan menggunakan komputer. Sehingga dibutuhkan metode alternatif yang lebih
efektif, sederhana, mudah dan efisien, metode tersebut adalah metode tabel. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan metode tabel dalam menyelesaikan soal pada konsep rangkaian listrik tertutup dua loop
pada siswa SMA kelas XII IPA, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode tabel dalam menyelesaikan soal pada konsep rangkaian listrik tertutup dua loop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berbasis eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 3 Jember, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember tahun ajaran 2021/2022 dengan kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelasn XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Peneliti mengumpulkan data menggunakan intrumen berupa tes (pretest dan posttest), angket respon siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji menggunakan uji statistik independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa hipotesis penelitian yang telah dibuat adalah benar, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode tabel dalam menyelesaikan soal pada konsep rangkaian listrik tertutup dua loop terhadap hasil belajar siswa. Perbedaan nilai hasil belajar posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 93,92 dan 78,51. Hal tersebut terjadi karena metode tabel dapat menjadi solusi penyelesaian yang lebih mudah, ringkas, sederhana, dan efisien. Sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal rangkaian listrik tertutup dua loop. Selain itu, penggunaan metode tabel sebagai metode alternatif penyelesaian soal rangkaian listrik tertutup dua loop dalam pembelajaran fisika di kelas mendapatkan respon baik dan positif. Analisis data hasil angket respon siswa menunjukkan nilai persentase rata-rata 87,01%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode penyelesaian soal berbantuan tabel sangat layak dan patut digunakan untuk menyelesaikan soal rangkaian listrik tertutup dua loop pada siswa SMA.
Berdasarkan uraian di atas, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang metode penyelesaian soal rangkaian listrik tertutup dua loop menggunakan metode tabel dan dapat dijadikan sebagai
landasan bagi guru fisika untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan persoalan pada pokok bahasan rangkaian listrik tertutup dua loop. Serta diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai
pedoman untuk terus menerus dikembangkan pada penelitian selanjutnya.