Pengaruh Kualitas Produk, E-WOM dan Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli pada Produk MS Glow di Jember
Abstract
Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar besar dalam industri kecantikan,
data Euromonitor International yang bertajuk The Future of Skin Care,
membuktikan bahwa Indonesia menjadi penyumbang terbesar kedua untuk
pertumbuhan permintaan perawatan kulit di dunia dimana total pasar skincare
Indonesia mencapai lebih dari US$2 miliar pada tahun 2019 atau sekitar 33% dari
total pendapatan pasar kecantikan. Hal ini mendorong industri kosmetik produk
kecantikan di Indonesia kian tahun mengalami peningkatan sehingga menimbulkan
persaingan bisnis yang ketat. Persaingan bisnis di sektor kosmetik perawatan wajah
dan kulit yang sedang menanjak menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan, tidak
heran jika semakin banyak bermunculan produk skincare baru yang saling
menawarkan keunggulannya guna menarik niat beli konsumen. Perusahaan yang
bergerak di sektor industri kosmetik pun harus mampu memahami faktor-faktor
yang mempengaruhi konsumen untuk berniat membeli produk skincare guna dapat
bersaing dengan perusahaan sejenis dalam hal ini antara lain kualitas produk, EWOM dan celebrity endorser.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas
produk, e-WOM dan celebrity endorser terhadap niat beli konsumen pada produk
MS Glow di Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory
research. Populasi penelitian ini adalah calon konsumen produk kecantikan MS
Glow. Sampel yang digunakan sebanyak 112 orang ditentukan dengan teknik
purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
kualitatif yang dikuantitatifkan. Sedangkan sumber data yang digunakan berupa
data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden yaitu
konsumen pada produk MS Glow di Jember dan data sekunder yang diperoleh dari
website resmi MS Glow untuk mengetahui gambaran perusahaan yang
berhubungan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap
niat beli pada produk MS Glow di Jember. Kualitas produk yang terdiri atas kinerja
(performance), daya tahan (durability), kesesuaian dengan spesifikasi
(conformance to specification), fitur (feature), reliabilitas (reliability) dan estetika
(aesthetics). dinilai baik oleh calon konsumen MS Glow di Jember sehingga
menimbulkan niat beli yang tinggi dan menjadikan konsumen lebih memilih produk
MS Glow daripada produk skincare lain. E-WOM berpengaruh terhadap niat beli
pada produk MS Glow di Jember. E-WOM yang terdiri atas intensitas (intensity),
valensi pendapat (valence of opinion) dan konten atau isi (content) dinilai baik atau
positif sehingga menimbulkan keinginan calon konsumen untuk menggunakan
produk MS Glow dan mencari informnasi mengenai varian produk MS Glow
lainnya untuk melengkapi kebutuhannya akan produk kecantikan. Celebrity
endorser berpengaruh terhadap niat beli pada produk MS Glow di Jember.
Celebrity endorser yang terdiri atas daya tarik (attractiveness), dapat dipercaya
(trustworthiness) dan keahlian (expertise) nilai baik oleh calon konsumen MS Glow
di Jember sehingga menjadikan konsumen memiliki niat beli serta berkeinginan
mereferensikan produk MS Glow kepada orang lain. Adapun kesimpulan penelitian
ini yaitu kualitas produk, e-wom dan celebrity endorser berpengaruh terhadap niat
beli konsumen pada produk MS Glow di Jember.Celebrity endorser yang terdiri atas daya tarik (attractiveness), dapat dipercaya
(trustworthiness) dan keahlian (expertise) nilai baik oleh calon konsumen MS Glow
di Jember sehingga menjadikan konsumen memiliki niat beli serta berkeinginan
mereferensikan produk MS Glow kepada orang lain. Adapun kesimpulan penelitian
ini yaitu kualitas produk, e-wom dan celebrity endorser berpengaruh terhadap niat
beli konsumen pada produk MS Glow di Jember