Show simple item record

dc.contributor.authorSITI NURAIZE
dc.date.accessioned2013-12-18T03:04:24Z
dc.date.available2013-12-18T03:04:24Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM080210204223
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9739
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT mata pelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mrawan 2 kecamatan Tapen kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Mrawan 2 kecamatan Tapen, dimulai pada tanggal 19 Mei 2011 sampai tanggal 2 Juni 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 30 anak, terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPA siklus I pembelajaran 1 memperhatikan pelajaran 72,22%, keaktifan siswa 67,77%, mengemukakan pendapat 60%, dan kerja sama dalam kelompok 58,88%. Sampai siklus II pembelajaran 2 mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 90%, keaktifan siswa 86,66%, mengemukakan pendapat 81,11%, kerja sama dalam kelompok 85,55%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 56,67% dan siklus II secara klasikal sebesar 80%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Togheter) mata pelajaran IPA. Bagi guru, memberikan pengertian pada siswa tentang pentingnya kerjasama antar teman guna mencapai kesuksesan bersama. Guru juga harus terus mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalan proses belajar mengajar. Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa sebagai pemberdayaan dalam meningkatkan kerjasama dan kreativitas guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204223;
dc.subjectIPA, .Proses Pembentukan Tanah, Numbered Heads Together (NHT)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN MRAWAN 02 TAPEN - BONDOWOSO 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record