Show simple item record

dc.contributor.authorRIP HASANAH
dc.date.accessioned2013-12-18T02:47:41Z
dc.date.available2013-12-18T02:47:41Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9709
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, penamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas I SDN Sumber Pinang 03. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dan siswa, pedoman wawancara, soal tes, RPP, biodata siswa dan daftar nilai ulangan harian Hasil pada silus I, guru menempelkan sebuah gambar, kemudian guru meminta siswa untuk memilih kartu kata dan menempelkannya di papan tulis sesuai dengan gambar yang sebelumnya sudah dipersiapkan di meja guru, kemudian siswa yang lain membacanya dengan nyaring. Pada siklus I, siswa masih kesulitan dalam membaca walaupun demikian sudah ada peninkatan dari pra siklus ( 48,7% menjadi 63,4% siswa tuntas ).. Pada siklus II, guru membagikan media kartu kata pda siswa, masing-masing siswa mendapat 2 kartu kata yang berbeda dan berwarna-warni, kemudian guru menempelkan sebuah gambar yang di bawahnya diberi tulisan ini atau itu. Siswa yang mendapat kartu kata yang sesuai dengan gambar diberi kesempatan untuk menempelkannya dan membaca dengan nyaring Pada akhir pembelajaran siswa diberi tes membaca nyaring dibantu dengan penggunaan media kartu kata dan gambar. Kemampuan siswa dalam melafalkan kata sudah lebih baik, sehingga kelancaran membaca siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, kegiatan perencanaan belum terlaksana dengan baik,guru kurang menguasai kelas sehingga siswa masih ramai .Pada siklus II perencanaan menjadi lebih baik, pemilihan materi sesuai dengan soal evaluasi siswa. Pada siklus I siswa melaksanakan tes membaca nyaring dengan memilih kartu kata yang ditumpuk di meja guru. Berdasrkan hasil evaluasi siklus I siswa tuntas sebanyak 26 siswa (63,4%) dengan rata-rata kelas 72,1. Pada siklus II , hasil tes siswa mengalami peningkatan. Siswa tuntas sebanyak 38 siswa (92,7%) dengan rata-rata kelas 85,1. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, peneliti memberi saran kepada guru kelas I SD, jika menggunakan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk hendaknya bisa menguasai kelas dengan baik dan mempersiapkan materi membaca permlaan dengan baik dengan alokasi waktu yang efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204126;
dc.subjectMembaca Permulaan, Media Kartu Kata dan Gambaren_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DAN GAMBAR DISERTAI KATA PETUNJUK SISWA KELAS I SDN SUMBER PINANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record