• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL POKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH DI MASA BELANDA DAN JEPANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS V MIN SUMBERSARI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rista Rina Fardi - 090210204071.pdf (2.244Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    RISTA RINA FARDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat terhadap sesuatu yang dipelajari akan mempengaruhi belajar selanjutnya (Slameto, 1995:180). Minat mempengaruhi hasil belajar siswa dan akan membantu siswa untuk mempelajari pelajaran yang diminatinya. Pada proses pembelajaran IPS di MIN Sumbersari Jember diindikasikan salah satu ketuntasan hasil belajar tidak sesuai KKM. Hal tersebut dikarenakan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPS. Kondisi itu ditandai dengan kurangnya kesenangan, kemauan, kesadaran dan perhatian dari siswa MIN Sumbersari Jember. Hasil belajar siswa di bawah KKM juga disebabkan karena guru kurang memanfaatkan media teknologi berupa audio visual. Dalam proses pembelajaran guru hanya menceritakan perjuangan para tokoh secara monoton. Hal tersebut membuat siswa menjadi jenuh dan bosan dalam menerima pembelajaran IPS. Perumusan masalah dalam penelitian ini setelah menerapkan model pembelajran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dengan menggunakan media audio visual yaitu (1) bagaimanakah peningkatan minat belajar siswa kelas V MIN Sumbersari Jember?, dan (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V MIN Sumbersari Jember? Tujuan penelitian ini setelah menerapkan model pembelajran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dengan menggunakan media audio visual adalah (1) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN Sumbersari Jember , dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Sumbersari Jember. Penelitian ini dilakukan di MIN Sumbersari Jember, Subjek penelitian, yaitu kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 orang yang terdiri viii atas siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan sebanyak 20 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil analisis dari penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan media audio visual yaitu persentase dari minat belajar yang diukur melalui angket diperoleh sebesar 71%. Pada siklus II penilai minat belajar melalui angket diperoleh sebesar 84%. Berdasarkan persentase minat belajar dari siklus I dan siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 13%. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 79%. Berdasarkan perolehan data hasil belajar di siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 5%. Adapun saran yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu bagi guru SD/MI yang mempunyai permasalah yang sama hendaknya menggunakan model maupun media ini. Selain itu juga model ini hendaknya bisa digunakan sebagai alternatif metode dalam pembelajaran bagi guru SD/MI, bagi peneliti lain hendaknya bisa mengembangkan model ini pada pembelajaran yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9650
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository