Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Oktavia Wulandari
dc.date.accessioned2013-12-17T12:51:20Z
dc.date.available2013-12-17T12:51:20Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210103025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9575
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan mulai dari pendidikan yang terdekat dengan kita, misalnya pendidikan di wilayah Jawa Timur. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah pembelajaran berbasis PAILKEM. Pembelajaran berbasis PAILKEM senantiasa memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar yang kondusif atau sebagai fasilitator dalam belajar, sementara siswa sebagai peserta belajar yang harus aktif, inovatif, kreatif dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar serta menjadikan pembelajaran efektif, dan menarik (Uno, dkk., 2011:10). Pembelajaran berbasis PAILKEM dapat dikombinasikan dengan teknik pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang berbasis PAILKEM adalah teknik Talking Stick. Teknik Talking Stick merupakan teknik pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran dengan permainan yang memadukan ceramah, tanya jawab, dan diperkaya dengan permainan yang melibatkan peran aktif siswa secara langsung di dalam kelas (Ibid, 2010 dalan Aini, 2010). Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik Talking Stick terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta korelasi antara aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember. Adapun waktu penelitian yaitu bulan Mei tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian menggunakan uji homogenitas dan diperoleh kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas dengan t viii hitung ≥ t (4,535 ≥ 1,99346). Penggunaan Pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar belajar siswa dengan t tabel (5,391 ≥ 1,99346). Terdapat korelasi antara hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa pada siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik Talking Stick dengan nilai signifikasi 0,000 (< 0,01) pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 6 Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103025;
dc.subjectPembelajaran Berbasis PAILKEM, Teknik Talking Stick, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PAILKEM DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (SISWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2011/2012 SMP NEGERI 6 JEMBER)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record