Show simple item record

dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.advisorSUMARDI
dc.contributor.authorSAFITRI, Dyah Ayu
dc.date.accessioned2019-11-18T03:03:28Z
dc.date.available2019-11-18T03:03:28Z
dc.date.issued2019-05-24
dc.date.submitted
dc.identifier.nim170220303013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94414
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan sekolah SMA Negeri di Kabupaten Jember yaitu pada mata pelajaran sejarah, model pembelajaran yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik untuk berfikir kesejarahan (historical thinking skill ). Berdasarkan hasil observasi awal, sekolah yang menerapkan model Acelerated learning belum menyajikan suatu upaya praktis pemercepatan yang disukai oleh peserta didik, melainkan bersifat kurang edukatif dan terdapat unsur keterpaksaan seperti sistem “drill”. Model pembelajaran yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi sejarah telah diupayakan mengarah pada kemampuan Historical Thinking Skill peserta didik. Walaupun, materi sejarah pada kelas X yang terdapat peserta didik tergolong Generasi Z sudah memperkenalkan beberapa bagian tentang keterampilan berpikir kesejarahan. Namun upaya untuk memasukkan Historical Thinking Skill dalam pembelajaran sejarah tidak sepenuhnya berhasil. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis kebutuhan yang menunjukkan bahwa ketercapaian 5 indikator dalam Historical Thinking Skill masih rendah. Data historical thinking skill pada peserta didik di SMA Negeri 5 Jember sebesar 34,30% dan pada SMA Negeri Kalisat sebesar 33,75%. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan 5 indikator dalam Historical Thinking Skill menjadi dibutuhkan. Pengembangan model Accelerated Learning Integrated by Discovery menjadi langkah peningkatan aspek Historical Thinking Skill siswa kelas X SMA di Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectResearch and Developmenten_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Integrated By Discovery (ALID) pada siswa SMA kelas X dengan Model Borg and Gallen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN IPS
dc.identifier.kodeprodi0220303


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record