Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDJAJANTI, Anita
dc.contributor.advisorPARTO
dc.contributor.authorLESTARI, Yula Biolita
dc.date.accessioned2019-11-18T00:58:59Z
dc.date.available2019-11-18T00:58:59Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.nimNIM150210402027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94396
dc.description.abstractBerdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan dalam karangan deskripsi siswa yaitu: (1) kesalahan pemilihan preposisi tunggal dari, dengan, di, ke, dan pada; kesalahan penghilangan preposisi tunggal di, dengan, dan oleh; kesalahan penambahan preposisi tunggal dengan, di, dan tentang; kesalahan penulisan preposisi tunggal di dan ke, (2) kesalahan pemilihan preposisi majemuk jenis korelasi yaitu antara- hingga dan di-sampai; dan (3) kesalahan penggunaan preposisi oleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, (a) kurangnya kemampuan berbahasa siswa, (b) kurangnya pengetahuan siswa tentang preposisi, (c) siswa kurang menguasai kaidah penggunaan preposisi, (d) siswa kurang teliti dalam menggunakan preposisi, dan (e) kurangnya koreksi guru terhadap kesalahan berbahasa siswa. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar hasil penelitian ini dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan sebagai bahan diskusi mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa khusunya pada preposisi. Bagi guru Bahasa Indonesia hendaknya lebih memperhatikan dan mengoreksi penggunaan preposisi siswa serta melakukan perbaikan terhadap kesalahan penggunaan preposisi yang ditemukan dengan cara menjelaskan kembali kaidah penggunaan preposisi sesuai kesalahan yang dilakukan oleh siswa, artinya guru menjelaskan bagian yang salah dengan perbaikannya. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas tentang kebahasaan teks deskripsi lainnya dan meneliti apakah guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesalahan berbahasa siswa. Saran lain bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan PTK sebagai perbaikan karena masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan preposisi dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210402027;
dc.subjectPreposisien_US
dc.subjectMengarangen_US
dc.titleKesalahan Penggunaan Preposisi Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siliragungen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record