Show simple item record

dc.contributor.advisorSATRIJONO, Hari
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.authorAGUSTIN, Pratiwi Ayu Tri
dc.date.accessioned2019-11-08T08:23:24Z
dc.date.available2019-11-08T08:23:24Z
dc.date.issued2019-01-16
dc.identifier.nim110210204092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94079
dc.description.abstractHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama, pada pembelajaran kemampuan berbicara terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember. Hal ini dapat dibuktikan adanya persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus II yaitu 89%, hanya ada 2 siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya secara perorangan. Penerapan metode sosiodrama juga dapat meningkatkan aktivitas siswa, hal ini terbukti ketika pembelajaran siswa merasa senang, semangat, aktif, dan mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa selama pembelajaran. dapat dilihat bahwa pada tahap siklus I setelah diterapkan metode sosiodrama terhadap pembelajaran kemampuan berbicara siswa kelas V terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa menjadi 63 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (51%). Pada siklus II setelah diterapkan metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara juga terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa menjadi 79 dan siswa yang tuntas 25 orang (75%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 tahun pelajaran 2014/2015 adalah metode sosiodram yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan dilengkapi alat penunjang dalam drama yang membuat siswa senang dalam memerankan drama sehingga kemampuan berbicara siswa meningkat dan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 tahun pelajaran 2014/2015 setelah diterapkan metode sosiodrama mengalami peningkatan secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Tegal Besar 02. Pada siklus I diperoleh persentase secra klasikal sebesar 51%, siklus II mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bila penerapan metode sosiodrama diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, metode sosiodrama dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang sejenis.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Berbicaraen_US
dc.subjectMetode Sosiodramaen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Berbicara Dalam Mengungkapkan Isi Cerita Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa Kelas V Di Sdn Tegal Besar 02 Jemberen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar
dc.identifier.kodeprodi0210204


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record