Show simple item record

dc.contributor.authorAndri Pradana
dc.date.accessioned2013-09-09T01:36:17Z
dc.date.available2013-09-09T01:36:17Z
dc.date.issued2013-09-09
dc.identifier.nimNIM070210302111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/934
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Juli yang dilakukan di SMA Negeri 1 Besuki, dapat diketahui pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Besuki khhususnya kelas X masih belum mencapai hasil yang cukup baik, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, dan faktor yang paling menentukan adalah penggunaan strategi serta metode pembelajaran sejarah yang kurang bervariatif.. Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan tiga rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, (2) bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, dan (3) bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A dan kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A (kelas eksperimen) dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan di kelas X-B (kelas kontrol) dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, dan (3) untuk mengetahui bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan strategi tematis dengan metode inkuiri dan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A dan Kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011- 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tekhnik komparasi atau perbandingan. Analisis perbedaan hasil belajar siswa di kelas X-A dan kelas X-B menggunakan uji-t atau t-tes, pada taraf signifikansi 5 % nilai analisis uji-t atau t-tes sebesar 0,820 lebih kecil atau kurang dari nilai t-tabel sebesar 2,00 ( < t-tabel). dan pada taraf signifikansi 1 % nilai analisis uji-t atau t-tes sebesar 0,820 lebih kecil atau kurang dari nilai t-tabel sebesar 2,65 ( < t-tabel). Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran sejarah di kelas X-A menunjukkan hasil belajar yang baik, tercatat sebesar 76,47 % siswa di kelas X-A telah tuntas dan sebesar 23,52 % belum tuntas atau sejumlah 26 siswa telah tuntas, sedangkan sisanya sebanyak 8 orang siswa belum tuntas. (2) Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran sejarah di kelas X-B menunjukkan hasil belajar yang baik dengan tingkat ketuntasan sebesar 63,88 % dan siswa yang tidak tuntas sebesar 36,11 % atau sebanyak 23 siswa telah tuntas dan sisanya yaitu sebanyak 13 orang siswa belum tuntas, (3) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode inkuiri dan hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A dan kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012 tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Saran yang diajukan adalah (1) bagi siswa, hendaknya metode inkuiri dan metode diskusi bisa menjadi metode yang tepat dalam pembelajaran sejarah, (2) bagi guru, hendaknya metode inkuiri dan metode diskusi bisa menjadi metode alternatif guna menyampaikan pembelajaran sejarah di kelas, dan (3) bagi sekolah, hendaknya metode inkuiri dan metode diskusi menjadi metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Besuki.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302111;
dc.subjectSTRATEGI TEMATISen_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI TEMATIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-A DAN KELAS X-B SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record