Show simple item record

dc.contributor.authorPregiwati Marina Sari
dc.date.accessioned2013-12-17T01:57:34Z
dc.date.available2013-12-17T01:57:34Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210204044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9303
dc.description.abstractMelalui pengajaran IPS diharapkan siswa dapat belajar tentang masyarakat dan masalah-masalah yang terjadi di sekitar siswa yang berkaitan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di SDN Kertosari guru hanya menyampaikan materi yang terdapat pada buku ajar, selain itu pembelajaran berlangsung satu arah atau terpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru, dan didominasi oleh pembelajaran ceramah sehingga siswa menjadi cepat bosan dan siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran akibatnya hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil UAS Semester 1 masih banyak siswa nilainya masih berada di bawah KKM, sehingga pembelajaran IPS perlu dikaitkan dengan aspek teknologi dan masyarakat. Pembelajaran yang mengaitkan sains dengan teknologi masyarakat dikenal dengan pembelajaran dengan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember. Penelitian eksperimental dengan menggunakan pre-tes post-test control group design ini dilaksanakan di SDN Kertosari 2 Jember kelas IV dengan teknik purpose area. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan rincian kelas IV A 27 siswa dan kelas IV B 22 siswa. Dari hasil hasil perhitungan F diperolah harga FdbK hitung = 1,1 harga F = 1 dan dbd hitung ini dikonsultasikan dengan harga F = 47 pada taraf signifikansi 5%. Nilai Ftabel tabel dengan db= 47memiliki harga 4,08. Sehingga dapat diketahui F yang berarti tingkat kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian dinyatakan hitung < Ftabel (1,1<4,08) homogen. Setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan Cluster Random Sampling sehingga diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Metode wawancara dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes,dan dokumentasi. harga (Ho Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes. Diperoleh harga sebesar 4,25 harga dengan ini selanjutnya dikonsultasikan dengan dengan db=47, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh harga Nilai > ) ditolak dan hipotesis kerja ( yaitu 4,83 > 2 sehingga hipotesis nihil ) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Pendekatan Konsep Sains dana Teknologi Terapan terhadap Hasil Belajar Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi , Komunikasi, dan Transportasi (IPS) Siswa Kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan terhadap hasil belajar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (IPS) siswa kelas IV di SDN Kertosari 2 Jember. Bagi guru SD/MI diharapkan dapat menerapkan pendekatan konsep Sains dan Teknologi Terapan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Bagi pihak sekolah hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Kertosari 2.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204044;
dc.subjectENGGUNAAN PENDEKATAN KONSEP SAINS DAN TEKNOLOGI TERAPAN,MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASIen_US
dc.titleENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSEP SAINS DAN TEKNOLOGI TERAPAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI (IPS) SISWA KELAS IV DI SDN KERTOSARI 2 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record