Show simple item record

dc.contributor.advisorBambang Supriadi
dc.contributor.advisorSri Handono Budi P
dc.contributor.authorKHASANAH, Riska Uswatun
dc.date.accessioned2019-09-16T08:48:31Z
dc.date.available2019-09-16T08:48:31Z
dc.date.issued2019-09-16
dc.identifier.nim150210102036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92795
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena dan gejala alam. Fisika sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki berbagai macam rumus. Mempelajari fisika tidak hanya semata-mata menghafal rumus, melainkan memahaminya terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti relativitas khusus Einstein. Namun pembelajaran yang sering terjadi siswa hanya menghafal rumus tanpa mengetahui asal-usulnya, sehingga nilai hasil belajar menjadi rendah. Hal ini juga akan berdampak pada ujian nasional. Menghafal rumus fisika tanpa memahaminya tidaklah cukup sebagi bekal menyelesaikan soal ujian nasional yang proses pengerjaannya dibatasi oleh waktu. Oleh karena itu, perlu adanya rumus cepat yang dapat dijadikan sebagai bekal tanpa mengurangi pemahaman siswa. Salah satu rumus cepat yang dapat digunakan yaitu metode Pythagoras untuk menyelesaikan soal-soal relativitas khusus Einstein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal relativitas khusus Einstein menggunakan metode Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Ambulu di Jember. Populasi penelitian ini adalah kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 3, XII MIPA 4, XII MIPA 5, dan XII MIPA 6. Sampel dari penelitian ini diperoleh dari uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling area. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XII MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah relativitas khusus Einstein dengan pokok bahasan kontraksi panjang, pemuaian waktu, konsep massa, dan energi relativistik. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji Mann-whitney test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikasi hasil analisis data hasil belajar lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan uji Mann-whitney jika nilai sig ≥ 0,05 maka H0 diterima, dan jika nilai sig < 0,05 maka Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 93,94 dan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 75,31. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi metode Pythagoras dalam menyelesaikan soal-soal relativitas khusus Einstein berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri Ambuluen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Pythagorasen_US
dc.subjectRelativitas Khusus Einteinen_US
dc.titleAplikasi Metode Pythagoras dalam Penyelesaian Soal-Soal Relativitas Khusus Einstein terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri Ambuluen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record