Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Dra. Yayuk M.A.
dc.contributor.advisorM.Pd., Dra. Rahayu
dc.contributor.authorFARIS INDRAGANDI, Richo
dc.date.accessioned2019-09-03T05:37:34Z
dc.date.available2019-09-03T05:37:34Z
dc.date.issued2019-09-03
dc.identifier.nimNIM120210204137
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92441
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PKn masih banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami materi. Hal ini dikarenakan pada saat observasi awal metode pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton yaitu ceramah, menggunakan diskusi kelompok besar dan penugasan sehingga kurang mengaktifkan siswa secara keseluruhan. Inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar PKn siswa khususnya siswa kelas IV. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, membuat siswa menjadi lebih bertanggung jawab dan mampu bekerja sama dalam berdiskusi dan dapat memahami materi pembelajaran dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, membantu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta dapat membantu siswa dalam memahami materi sikap pengaruh terhadap globalisasi melalui belajar secara berkelompok. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Globalisasi di SDN Lengkong 04 Jember ?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model x pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mata pelajaran PKn pokok bahasan Globalisasi di SDN Lengkong 04 Jember semester genap, Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Lengkong 04 Kab. Jember yang terdiri dari 38 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 25 Maret sampai dengan 10 April 2017. Data yang dikumpulkan berupa tes hasil belajar. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 50,2% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 71,66%. Peningkatan aktivitas belajar secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I skor hasil belajar sebesar 59, siklus II skor hasil belajar sebesar 78,6 jadi memenuhi SKM yang di tetapkan SDN Lengkong 04 yaitu sebesar 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta menciptakan suasana belajar yang aktif, menumbuhkan interaksi yang baik antar siswa, sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain. Aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 50,2% dengan kriteria perlu bimbingan (kurang aktif) dan siklus II sebesar 71,6% dengan kriteria baik (baik) sedangkan secara klasikal hasil belajar siklus I yaitu 59 dan siklus II yaitu 78,6.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204137;
dc.subjectNumbered Heads Together (NHT)en_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.subjectMata Pelajaran PKnen_US
dc.subjectSDN Lengkong 04 Jemberen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn di SDN Lengkong 04 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record