Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Haris Ahadi
dc.date.accessioned2013-12-16T02:34:02Z
dc.date.available2013-12-16T02:34:02Z
dc.date.issued2013-12-16
dc.identifier.nimNIM080910202063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8996
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung obyek wisata Taman Botani Sukorambi Jember. Penelitian ini dilakukan di obyek wisata Taman Botani Sukorambi Jember, menggunakan metode penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif mengenai pelaksanaan kegiatan-kegiatan bauran pemasaran dalam upaya peningkatan jumlah pengunjung. Implementasi bauran pemasaran dalam penelitian ini menggunakan variabel-variabel yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, fasilitas, orang serta proses, dengan menggunakan teknik analisis domain dan taksonomi. Domain merupakan teknik analisis yang mencari gambaran umum dan menyeluruh tentang situasi sosial obyek penelitian sedangkan taksonomi adalah teknik analisis yang melihat keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain dan kemudian diuraikan secara lebih terperinci dan mendalam. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan metode induktif yaitu penarikan kesimpulan yang berangkat dari hal-hal yang bersifat khusus, kepada hal-hal yang bersifat lebih khusus. Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan implementasi bauran pemasaran yang dilakukan oleh obyek wisata Taman Botani Sukorambi Jember dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjungnya. Kebenaran penelitian ini menggunakan tehnik Triangulasi yaitu tehnik keabsahan data dengan membandingkan perolehan data temuan dari perusahaan dengan hasil wawancara yang dilakukan penulis kepada informan terkait dengan pelaksanaan bauran pemasaran obyek wisata. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan tehnik analisis yang telah ditetapkan maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh obyek wisata Taman Botani Sukorambi dapat dikatakan efektif, ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung yang datang setiap tahunnya. Peningkatan pengunjung setiap tahunnya mengalami kenaikan sebanyak 8.078 jiwa pada tahun 2008, 2.022 jiwa pada tahun 2009 dan 3.837 jiwa pada tahun 2010. Melihat dari hasil penelitian ini dapat dikatakan penerapan bauran pemasaran pada obyek wisata Taman Botani Sukorambi memiliki kecenderungan untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910202063;
dc.subjectBauran Pemasaran, Jumlah Pengunjung, Taman Botani Sukorambi Jemberen_US
dc.titleIMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG OBYEK WISATA TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record