Show simple item record

dc.contributor.authorNurhalimah
dc.date.accessioned2013-09-04T06:30:21Z
dc.date.available2013-09-04T06:30:21Z
dc.date.issued2013-09-04
dc.identifier.nimNIM070210191167
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/895
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 2 Wuluhan Jember diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran kontekstual , aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual pada materi aritmatika sosial. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A Semester Gasal SMP Negeri 2 Wuluhan Jember. Pengambilan data dimulai pada tanggal 1 Desember sampai 10 Desember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada tiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada materi aritmatika sosial sesuai dengan komponen kontekstual. Dalam penelitian ini siswa memberikan contoh kegiatan jual beli di dalam kelas untuk membangun pengetahuan siswa dan siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan mengajukan pertanyaan serta dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri atas 4 siswa, disini siswa mendemontrasikan kegiatan jual beli serta siswa yang lain menanggapinya untuk menemukan rumus aritmatika sosial, yaitu definisi harga penjualan, harga pembelian, untung, rugi, persentase untung, persentase rugi, rabat, bruto, neto dan tara , sehingga siswa bisa dengan mudah menemukan dan memahami konsep tanpa harus menghafal. Setelah pembelajaran selesai guru dan siswa melakukan tanya jawauntuk merenkontruksi kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran. Selama pembelajaran guru akan melakukan penilaian. Kendala-kendala yang ditemui dalam penerapan pembelajaran ini yaitu pada saat siswa mendemontrasikan kegiatan jual beli di depan kelas dan pada saat siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya. Hal ini dikarenakan siswa masih malu dan belum terbiasa bekerja kelompok. Pembelajaran dengan pembelajaran kontekstual pada materi aritmatika sosial terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 70.76% meningkat menjadi 79.35% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajran kontekstual. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran kontekstual cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191167;
dc.subjectPEMBELAJARAN KONTEKSTUALen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 WULUHAN JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record