Show simple item record

dc.contributor.authorBayu Pramadya Kurniawan Sakti
dc.date.accessioned2013-12-15T04:59:10Z
dc.date.available2013-12-15T04:59:10Z
dc.date.issued2013-12-15
dc.identifier.nimNIM041910301130
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8903
dc.description.abstractDi Kabupaten Jember dalam waktu 5 tahun (2006–2010), pertumbuhan kendaraan rata-rata sebesar 18% dengan disertai peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 7–9% per tahun. Upaya penanganan serius pada tahun 2009 memberi dampak positif berupa jumlah kecelakaan di tahun 2010 dapat ditekan hingga 8%. Kunci sukses upaya tersebut terletak pada program penanganan yang tepat. Tetapi hingga kini, tahap identifikasi lokasi rawan sebagai tahap awal penanganan masih memiliki masalah serius, berupa perbedaan yang signifikan antara fakta operasional petugas berwenang dengan pedoman penanganan yang ditetapkan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini mengkaji tahapan identifikasi lokasi rawan kecelakaan dengan menggunakan berbagai parameter tingkat atau angka kecelakaan yang menghubungkan variabel-variabel jumlah kecelakaan keseluruhan atau kecelakaan korban fatal, panjang jalan, potensi lingkungan sekitar (kendaraan teregistrasi dan jumlah penduduk), volume arus kendaraan, serta jumlah korban berikut pembobotan keparahannya. Parameter yang digunakan, antara lain: Kriteria Reaksi, R PBAR (populasi penduduk kecamatan dan kabupaten), R , Indeks Kekerasan, TK, EPDO, EAN, R ABROVT, RCS, RMVM, dan R . Sebuah metode dihasilkan dari penelitian ini yang disebut Metode Pencacahan AIR Indikator Kerawanan. Metode tersebut menghitung indikator kerawanan per 1 KM ruas jalan per tahun yang muncul setelah mendapat kontrol suatu nilai batas. Angka hasil pencacahannya yang disebut “nilai tingkat keparahan” dibandingkan dari tahun ke tahun yang digambarkan pada grafik, sehingga muncul berbagai bentuk grafik yaitu selalu naik, turun kemudian naik, datar, selalu turun, dan naik kemudian turun. Berdasarkan nilai tingkat keparahan di tahun akhir penelitian dan bentuk grafik tersebut, selanjutnya diurutkan prioritas kerawanannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries041910301130;
dc.subjectPENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALUR UTAMAen_US
dc.titleANALISIS PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALUR UTAMA KABUPATEN JEMBER (METODE PENCACAHAN INDIKATOR KERAWANAN)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record