Show simple item record

dc.contributor.advisorKartini, Titin
dc.contributor.authorFarhan, Ali Ahmad
dc.date.accessioned2018-12-03T12:02:11Z
dc.date.available2018-12-03T12:02:11Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.nim130210301087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88883
dc.description.abstractProses pembelajaran ekonomi yang selama ini berlangsung di MAN 1 Jember masih bergantung dengan media power point, media yang masih monoton dan tidak menarik siswa untuk belajar. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu, guru harus variatif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi khususnya pada kompetensi dasar sistem pembayaran dan alat pembayaran Salah satu media yang sesuai dengan karakteristik materi sistem pembayaran dan alat pembayaran adalah media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6. Penggunaan media ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan siswa sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi minat belajar yang tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada kompetensi dasar system pembayaran dan alat pembayaran siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. 2.) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Jember melalui penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 pada kompetensi dasar system pembayaran dan alat pembayaran Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Jember melalui penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 pada kompetensi dasar sistem pembayaran dan alat pembayaran Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada kompetensi sistem pembayaran dan alat pembayaran siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Jember Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada siklus I minat belajar siswa dalam kategori sedang dengan skor 2,91. Masih ada indikator minat belajar siswa yang berada pada kategori sedang. Dan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas KKM 74%. Pada siklus II minat belajar siswa meningkat menjadi 3,4 dan semua indikator siswa pada kategori tinggi. Dan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas KKM meningkat menjadi 85,18% Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Adobe Flash CS6 untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 4 MAN 1 Jember agar media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 dapat dijadikan alternatif penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar yang lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Adobe Flash CS6en_US
dc.subjectSistem Pembayaranen_US
dc.subjectAlat Pembayaranen_US
dc.titlePenggunaan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran (Studi Kasus Pada Kelas X IPS 4 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record