Show simple item record

dc.contributor.authorHERLINA, Vilda Yulliana
dc.date.accessioned2018-11-13T02:38:31Z
dc.date.available2018-11-13T02:38:31Z
dc.date.issued2018-11-13
dc.identifier.nimNIM160220101004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87946
dc.description.abstractBerdasarkan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi peluang kelas VIII SMP dapat disimpulkan sebagai berikut. a. Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Pendekatan saintifik pada materi eksponen dan logaritma kelas VIII SMPmenggunakan model 4-D (four-D models)yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang telah dimodifikasi menjadi 3-D (Three-D Models). Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi: (1) Tahap pendefinisian (Define) yaitu kegiatan analisis awal-akhir terhadap kurikulum 2013 dan menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu pendekatan saintifik ; analisis peserta didik untuk mengetahui karakteristik peserta didik yang meliputi berpikir kreatif peserta didik, kompetensi, sikap terhadap materi pembelajaran, media, format, dan bahasa yang sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik yaitu cara peserta didik mendiskusikan dengan kelompok lain dalam menyelesaikan permasalahan; tugas peserta didik yaitu menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada LKPD secara berkelompok dan menyelesaikan THB sesuai dengan tujuan pembelajaran, (2) Tahap perancangan (Design) yaitu merancang perangkat pembelajaran dengan format perangkat pembelajaran yang dipilih yaitu perangkat pembelajaran matematika Pendekatan saintifikpada materi eksponen dan logaritma. Pada saat pembelajaran, metode yang digunakan yaitu debat karena disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan. Hasil perangkat pembelajaran ini dinamakan draft 1. (3) Tahap pengembangan (Develop) untuk menghasilkan draft perangkat pembelajaran yang telah direvisi berdasarkan kritik dan saran dari para ahli, uji keterbacaan, dan data-data yang diperoleh dari kegiatan uji coba perangkat pembelajaran. Validasi dilakukan oleh tiga orang dosen pendidikan matematika. Uji keterbacaan dilakukan oleh calon peserta didik. Desain uji coba lapangan yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Uji coba lapangan dilakukan di kelas VIII-B SMPT Madinatul Ulum Jenggawah Jember sebanyak 3 kali pertemuan. b. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis Pendekatan saintifik materi eksponen dan logaritma kelas VIII SMP yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB). Ketiga perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut. 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 3,72; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 3,88; dan Tes Hasil Belajar (THB) sebesar 3,83 dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan hasil analisis aktivitas pendidik dengan kategori baik atau bisa Dikatakan lebih dari 80% dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas peserta didik dengan kategori aktif dalam pembelajaran. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori efektif berdasarkan hasil angket yang telah diisi oleh peserta didik terhadap penilaian LKPD, THB dan nilai yang diperoleh peserta didik pada saat mengerjakan LKPD dan THB. Persentase LKPD dan THB yang diperoleh yaitu 86,37%, dengan kategori baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil angket dan nilai yang diperoleh peserta didik pada LKPD dan THB dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. 5.2 Saran Adapun saran terkait dengan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut. a. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, disarankan agar ketika membuat LKPD ruang untuk mengisi jawaban lebih diperlebar agar peserta didik dapat leluasa menuliskan jawabannya, dan tidak ditulis pada lembar belakangnya. b. Bagi pendidik diharapkan dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat memunculkan berpikir kreatif peserta didik dan dapat melatih peserta didik untuk berpikir kreatif khususnya berpikir lancar sehingga kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries160220101004;
dc.subjectPerangkat Pembelajaran Berbasisen_US
dc.subjectSaintifiken_US
dc.subjectMeningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatifen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Peluangen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record