Show simple item record

dc.contributor.authorIHSANUL FIKRI
dc.date.accessioned2013-12-12T21:56:30Z
dc.date.available2013-12-12T21:56:30Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM070210301102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8727
dc.description.abstractRendahnya motivasi belajar dan kemandirian siswa kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember pada mata pelajaran ekonomi terlihat dari kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran dan menurunnya kepercayaan diri siswa dalam belajar. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode dan media yang masih konvensional secara terus menerus tanpa divariasikan dengan media lain. Hal tersebut mengakibatkan kejenuhan pada diri siswa. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan media yang lebih fresh dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman untuk meningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa yaitu dengan penggunaan medi Email Group. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan media Email Group dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa, serta bagaimana peningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa melalui penggunaan media Email Group dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS Ekonomi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Email Group terbukti dapat membantu peningkatan motivasi belajar dan kemandirian siswa kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember dalam proses mengajar. Peningkatan motivasi belajar selama melakukan observasi dan penelitian sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah menjadi tinggi, Kemudian pada kemandirian siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan dan sudah mencapai target yaitu dari kriteria rendah menjadi tinggi, sehingga telah menunujukkan bahwa masing-masing indikator motivasi belajar dan kemandirian siswa mengalami peningkatan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu kepada guru mata pelajaran ekonomi kelas XI Pemasaran 4 SMK PGRI 05 Jember untuk terus menggunakan media pembelajaran Email Group karena telah terbukti bahwa media Email Group menjadi media pembelajaran alternatif atau variasi media untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa sehingga, target pembelajaran dapat tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301102;
dc.subjectMedia Email Group, Meningkatkan Motivasi Belajar, Kemandirian Siswaen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA EMAIL GROUP DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record