Show simple item record

dc.contributor.advisorMUTROFIN
dc.contributor.advisorCHUMI Z. F.
dc.contributor.authorYULIA, Rohma Ika
dc.date.accessioned2018-07-30T06:52:22Z
dc.date.available2018-07-30T06:52:22Z
dc.date.issued2018-07-30
dc.identifier.nimNIM140210204023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86729
dc.description.abstractMetode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru hendaknya bervariasi, sehingga siswa tidak merasa bosan saat melaksanakan pembelajaran, siswa dapat berperan aktif dan mudah menerima materi yang diajarkan, dengan harapan hasil belajar siswa juga meningkat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat memberikan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode investigasi kelompok. Metode investigasi kelompok ini merupakan salah satu metode dalam pembelajaran kooperatif. Pembelajaran dengan menggunakan metode seperti ini akan melatih anak untuk berperan aktif dalam pembelajaran, melatih anak untuk bekerjasama dengan kelompoknya untuk menyelesaikan tugas yang telah diterimanya, metode ini juga dapat menumbuhkan semangat siswa untuk terus belajar dan bersaing secara baik dengan kelompoknya. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok ini siswa juga dapat belajar secara aktif, mandiri, mudah menerima materi pelajaran yang diajarakan, dan tidak mudah bosan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok efektif terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan Lumajang tahun pelajaran 2017/2018?” dan tujuan penelitian ini yaitu digunakan untuk mengetahui efektifitas suatu pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan Lumajang tahun pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan jenis penelitian eksperimental. Desain yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan pola intac-group comparison. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap pada tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh kelas IV A dan IV B SDN Jogotrunan Lumajang. Jumlah siswa kelas IV A terdiri dari 25 siswa dan jumlah siswa kelas IV B terdiri dari 25 siswa. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan Lumajang. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 82,56 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 76,32. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu sebesar 2,179, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 48 yaitu sebesar 2,021, maka thitung > ttabel yaitu 2,179 > 2,021 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajran kooperatif tipe investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa guru gunakan atau konvensional terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan Lumajang. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode pembelajran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV SDN Jogotrunan Lumajang. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 82,56 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 76,32. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 1) bagi pihak sekolah, penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk memperbaiki masalah mengenai metode pembelajaran yang biasa dilaksanakan, 2) bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif dalam menerapkan metode investigasi kelompok pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan agar dapat meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa dalam belajar, 3) perlu adanya media dan sumber belajar yang cukup untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204023;
dc.subjectMetode Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectTipe Investigasien_US
dc.titleEfektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN Jogotrunan Lumajangen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record