Show simple item record

dc.contributor.authorDian Pramita
dc.date.accessioned2013-12-12T06:43:50Z
dc.date.available2013-12-12T06:43:50Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM050210192146
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8569
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit karena banyak terdapat rumus-rumus dan konsepnya bersifat abstrak. Saat ini dalam proses pembelajaran fisika, banyak guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode eksperimen yang merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa, agar dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan yaitu: 1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen pada pembelajaran fisika dengan pembelajaran konvensional?, 2) Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran fisika menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa?. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah 1) Untuk mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen pada pembelajaran fisika dengan pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengkaji seberapa besar aktivitas siswa dalam proses pembelajaran fisika menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen dan X-4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan metode control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen dengan pembelajaran konvensional yaitu menggunakan uji t, tetapi sebelumnya data diuji dengan uji normalitas. Sedangkan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen adalah menggunakan rumus prosentase aktivitas pembelajaran. Hasil analisis dengan uji t menunjukkan bahwa nilai t pada equal variance assumed adalah 4.656 dengan probabilitas 0,00. Karena probabilitas 0,00<0,05, maka Ho ditolak. Jadi, peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Prosentase aktivitas pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai metode Eksperimen menunjukkan nilai sebesar 77,47%. Berdasarkan kriteria aktivitas, hasil prosentase yang diperoleh tergolong aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah disertai metode eksperimen dan model konvensional pada pembelajaran fisika kelas X semester genap di SMA Negeri Plus Sukowono tahun ajaran 2009/2010; (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah disertai metode eksperimen pada pokok bahasan suhu dan kalor kelas X semester genap di SMA Negeri Plus Sukowono tahun ajaran 2009/2010 mempunyai prosentase keaktivan sebesar 77,47% yang tergolong kriteria aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192146;
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI PLUS SUKOWONOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record