Show simple item record

dc.contributor.advisorUmamah, Nurul
dc.contributor.advisorSumarjono
dc.contributor.authorRiyanti, Fera
dc.date.accessioned2018-05-03T02:08:29Z
dc.date.available2018-05-03T02:08:29Z
dc.date.issued2018-05-03
dc.identifier.nim100210302013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85648
dc.description.abstractProses pewarisan dan pengembangan budaya serta kareakter bangsa penting untuk meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dimasa mendatang. Dalam proses pendidikan budaya dan karakter bangsa, secara aktif peserta didik mengembangkan potensi dirinya, melakukan proses internalisasi, dan penghayatan nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat. Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo ini sangat penting bagi pembentukan karakter peserta didik. Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo dalam kurikulum sekolah merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai adiluhung serta kearifan lokal dan identitas budaya lokal melalui pendidikan. Dengan demikian maka kelestarian kesenian Reyog Ponorogo tidak tergerus oleh pengaruh globalisasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2103 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (3) Bagaimana Hasil Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskriptifkan Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (2) Untuk mendeskriptifkan Pelaksanaan Pembelajaran Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (3) Untuk mendeskriptifkan Hasil Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2015/2016. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan cara criterion-based selection dengan teknik purposive sampling dengan teknik pencermatan data triangulasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo dalam kurikulum di SMA dapat dilakukan dengan melalui empat bagian yaitu saluran yang digunakan melalui integrasi kebudayaan ke mata pelajaran pada saat proses pelaksanaan belajar mengajar berlangsung , kandungan objektif atau cita-cita suatu kebudayaan yakni kebudayaan kota Reyog Ponorogo, control terhadap kebudayaan tersebut melalui kurikulum. Pada kenyataannya pendidik belum membuat RPP yang memuat rancangan pembelajaran yang sudah diintegrasikan dengan materi kesenian Reyog Ponorogo, pendidik hanya membahas materi yang cocok dan sesuai dengan materi seni budaya baru dibahas materi kesenian Reyog Ponorogo. Karena ketidak maksimalan pendidik maka manfaat untuk peserta didik juga tidak maksimal. Materi kesenian Reyog Ponorogo akan lebih baik jika pendidik mendokumentasikan pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo kedalam RPP, sehingga batasan dan ruang lingkup materi Reyog Ponorogo lebih jelas. Dengan demikian nilai untuk peserta didik lebih terukur. Kesimpulan hasil penelitian Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo dalam kurikulum di SMA Negeri 1 Ponorogo yang dilakukan memalui saluran kandungan objektif atau cita-cita suatu kebudayaan, control terhadap kebudayaan tersebut, dirasa masih jauh dari harapan karena masih banyak kekurangan pada saat pelaksanaannya baik dari kurikulum, pendidik, maupun peserta didik. Akan tetapi dengan dukungan berbagai pihak pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo ini akan terus dievaluasi dan dikembangkan agar kesenian Reyog Ponorogo tetap lestari seiring dengan berkembangnya globalisasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKesenian Reogen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.titlePENGINTEGRASIAN KESENIAN REYOG DALAM KURIKULUM 2013 SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PONOROGO KABUPATEN PONOROGOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record