Show simple item record

dc.contributor.authorLaila Rahmatun Wahidah
dc.date.accessioned2013-12-12T05:59:29Z
dc.date.available2013-12-12T05:59:29Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM060210402333
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8524
dc.description.abstractPenerapan strategi KWL dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIIA SMP Inklusi TPA Jember dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIA yang mencakup keterampilan menentukan ide pokok, ide penjelas dan keterampilan membuat kesimpulan. Karena diketahui bahwa hasil dari pembelajaran membaca pemahaman siswa (yang mencakup keterampilan menentukan ide pokok, ide penjelas dan keterampilan membuat kesimpulan) belum mencapai standar ketuntasan sekolah. Hal tersebut diduga disebabkan oleh cara mengajar guru yang belum dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Strategi KWL merupakan strategi yang memanfaatkan dan menggali potensi siswa dengan melakukan pembangkitan skemata. KWL adalah K (Know/apa yang kutahu), W (Want to Know/ apa yang ingin kutahu) dan L (Learned/ apa yang kudapat setelah mempelajarinya). Dengan strategi KWL dalam pembelajaran membaca pemahaman diharapkan siswa dapat terlibat secara aktif dan keterampilan membaca pemahaman siswa dapat meningkat. Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah penerapan strategi KWL dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIA SMP Inklusi TPA Jember yang mencakup keterampilan menentukan ide pokok, ide penjelas dan keterampilan membuat kesimpulan?”. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIA yang mencakup keterampilan menentukan ide pokok, ide penjelas dan keterampilan membuat kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian kolaboratif, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan dan konseptor. Data dalam penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman serta evaluasi hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penganalisisan data menggunakan metode analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penerapan strategi KWL dalam pembelajaran membaca pemahaman ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIA dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil membaca pemahaman siswa sebelum dilakukan tindakan (prasiklus) dan setelah dilakukan tindakan (siklus I dan siklus II). Sebelum dilakukan tindakan yaitu tahap prasiklus, rata-rata skor siswa 62%, sedangkan setelah dilakukan tindakan (siklus I) rata-rata skor siswa mencapai 79,8% dan pada siklus II mencapai 89%. Selanjutnya dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran: (1) bagi guru Bahasa Indonesia, dalam setiap pembelajaran hendaknya guru lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas sebuah materi pembelajaran. Guru hendaknya lebih memperhatikan karakteristik siswa dan materi yang akan diajarkannya sehingga siswa dapat dilibatkan secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, (2) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian yang sejenis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210402333;
dc.subjectstrategi KWL, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIIA SMP Inklusi TPA Jemberen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI KWL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIIA SMP INKLUSI TPA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record