| dc.description.abstract | Fisika  yang  merupakan  bagian  dari  ilmu  pengetahuan  alam  atau  sains 
yang  mempelajari  gejala-gejala  alam  melalui  penelitian,  percobaan  dan 
pengukuran  yang  disajikan  secara  matematis  berdasarkan  hukum-hukum  dasar 
untuk  menemukan  hubungan  antara  kenyataan  yang  ada  di  alam.  Proses 
pembelajaran fisika masih didominasi guru dan siswa kurang berkembang secara 
mandiri  melalui  pemikiran  dan  proses  berfikirnya.  Pada  pembelajaran  ini  kelas 
cenderung  teacher-centered  sehingga  siswa  menjadi  pasif.  Metode  pembelajaran 
yang  melibatkan  keaktifan  siswa  melaksanakan  keterampilan  ilmiah  dan 
menumbuhkan  sikap  ilmiah  salah  satunya  adalah  pembelajaran  CTL  dengan 
metode  diskusi  dimana  pembelajaran  berpusat  pada  murid  (student-centered); 
partisipatori;  dan  pendekatan  berubah  menjadi  kontekstual.  Rumusan  masalah 
dari  penelitian  ini  adalah:  1)  bagaimana  penerapan  pembelajaran  Contextual 
Teaching  and  Learning  (CTL)  dengan  metode  diskusi  untuk  meningkatkan 
aktivitas  siswa  kelas  XI  SMA  N  1  Kencong?;  2)  bagaimana  penerapan 
pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning  (CTL)  dengan  metode  diskusi 
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kencong?. Tujuan dari 
penelitian  ini  adalah:  1)  mengkaji  penerapan  pembelajaran  Contextual  Teaching 
and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar 
fisika  siswa  kelas  XI  SMA  N  1  Kencong;  2)  mendeskripsikan  penerapan 
pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning  (CTL)  dengan  metode  diskusi 
untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI  SMA N 1 Kencong. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK),  penentuan 
responden didasarkan pada permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilaksanakan 
di  SMA  Negeri  1  Kencong.  Responden  penelitian  yaitu  siswa  kelas  XI  IPA3. 
Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan observasi oleh peneliti. Desain 
dan  prosedur  tindakan  yang  digunakan  berbentuk  spiral  Model  Hopkins.  Metode 
pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  wawancara,  observasi,  tes  dan 
dokumentasi.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran contextual 
teaching  and  learning  dengan  metode  diskusi  pada  aktivitas  belajar  fisika  siswa 
dalam  setiap  siklusnya  yaitu  pada  siklus  I  dengan  persentase  87,34%  aktivitas 
belajar fisika siswa termasuk kategori sangat aktif, pada silklus II aktivitas belajar 
siswa  menurun  dengan  persentase  78,57%  tetapi  termasuk  kategori  aktif. 
Persentase  rata-rata  aktivitas  belajar  fisika    siswa  adalah  82.96%  sehingga 
aktivitas  belajar  fisika  siswa  termasuk  kategori  sangat  aktif.  Dan  dapat 
meningkatkan  ketuntasan  hasil  belajar  fisika  siswa  kelas  XI  IPA3,  yaitu  pada 
siklus I 21,43%; dan siklus II 83,33%. | en_US |