Show simple item record

dc.contributor.advisorMAHARDIKA, I Ketut
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.authorSARI, Ratna Indra
dc.date.accessioned2018-03-31T05:37:37Z
dc.date.available2018-03-31T05:37:37Z
dc.date.issued2018-03-31
dc.identifier.nimNIM120210102096
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85069
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara terbatas dengan beberapa guru mata pelajaran fisika di beberapa SMA kabupaten Jember, diperoleh informasi bahwa guru biasanya hanya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Berdasarkan hasil wawancara, kekurangan dalam penerapan model pembelajaran ini siswa yang memiliki kemampuan rendah menggantungkan tanggung jawabnya pada siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Kondisi ini dikarenakan tidak adanya kompetisi antara angggota kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran diimplementasikan melalui pemberian tugas tiap kelompok. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab pada pembelajaran fisika kelas X di SMA Jember. Tujuan yang kedua adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtuallab terhadap kemampuan representasi verbal siswa. Tujuan yang ketiga adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab terhadap kemampuan representasi gambar siswa. Tujuan yang keempat adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab terhadap kemampuan representasi matematik siswa. Tujuan yang kelima adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab terhadap kemampuan representasi grafik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Jenggawah. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Desain penelitian menggunakan post-test only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai aktivitas belajar siswa sebesar 80%, sehingga termasuk dalam kategori sangat aktif. Hasil analisis Independent- Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,202, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi verbal siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar 0,000, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi gambar siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian 3 diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar 0,312, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian 4 diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar 0,054, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai virtual-lab tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi grafik siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Virtual Labratory pada pembelajaran fisika di SMA dalam kategori sangat aktif. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Virtual Labratory tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi verbal siswa. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Virtual Labratory berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi gambar siswa. (4) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) disertai Virtual Labratory tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi matematik siswa. (5) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) disertai Virtual Labratory tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan representasi grafik siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102096;
dc.subjectKOOPERATIF TIPE NHTen_US
dc.subjectVIRTUAL-LABen_US
dc.subjectMOMENTUM LINIERen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DISERTAI VIRTUAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN VIRTUAL-LAB PADA PEMBELAJARAN MOMENTUM LINIER KELAS X DI SMA JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record