Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorMaryani
dc.contributor.authorHidayatullah, M. Nur
dc.date.accessioned2018-03-26T03:36:52Z
dc.date.available2018-03-26T03:36:52Z
dc.date.issued2018-03-26
dc.identifier.nim120210102007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84888
dc.description.abstractJenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan di MAN Bondowoso pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Selanjutnya data validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah, respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi Ahli diperoleh skor 86,97% dan pada validasi pengguna diperoleh skor sebesar 89,37%, sehingga didapat validasi rata-rata sebesar 88,17%. Hal tersebut menandakan bahwa media yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid. Hasil uji pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perhitungan N-gain sebesar 0,48, berkategori sedang. Hasil tersebut tidak lepas dari media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android yang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga siswa lebih semangat untuk belajar fisika melalui android yang mereka miliki. Selanjutnya respon siswa didapatkan respon siswa sebesar 93,74%, menandakan bahwa respon siswa sangat positif pada media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran berbasis android lebih memberikan kesan terhadap siswa karena didalamnya terdapat video analisis yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran momentum dan impuls yang dikembangkan valid melalui validasi ahli dan validasi pengguna, 2) kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah berkategori sedang, dan 3) respon siswa terhadap media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android sangat positif pada semua aspek yang dimunculkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Momentumen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Impulsen_US
dc.subjectSistem Operasi Androiden_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Siswaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAHen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record