Show simple item record

dc.contributor.advisorPUJIASTUTI
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia
dc.contributor.authorAZISAH, Nur
dc.date.accessioned2018-02-08T06:38:21Z
dc.date.available2018-02-08T06:38:21Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nimNIM120210103073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84196
dc.description.abstractPenggunaan model dan metode yang kurang tepat dapat mempengaruhi pembelajaran di kelas sehingga menyebabkan beberapa permasalahan di kelas. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas X MIA 4, pembelajaran yang dilakukan masih menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada guru dengan metode ceramah. Pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa lebih pasif, tidak adanya umpan balik dari siswa untuk bertanya, berpendapat serta memberikan jawaban sehingga siswa belum terlibat dalam proses mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi hanya terjadi satu arah saat pembelajaran. Permasalahan yang terjadi di dalam kelas mengakibatkan diperolehnya hasil belajar masih rendah dari setiap kelas dan belum mecapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Hasil ulangan biologi X MIA 4 pada materi sebelumnya menunjukkan nilai rata-rata terendah yaitu sebesar 60,45. Jumlah siswa yang tuntas dengan nilai mencapai KKM adalah 6 orang (15,79%) sedangkan untuk siswa yang tidak tuntas yaitu 32 siswa (84,21%). Rendahnya kualitas pembelajaran juga berdampak pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih rendah dibuktikan dengan hasil pra siklus yakni sebesar 51,69 dengan kriteria rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya pembelajaran yang menuntut siswa terlibat secara aktif dan berpikir kreatif dalam memahami konsep-konsep biologi. Pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif harus berangkat dari pembelajaran yang membuat siswa aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan PAIKEM pada materi ekologi di kelas XI MIA 4 MAN 2 Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Hopkins yang berbentuk spiral. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (Planning), tindakan (action), pengamatan (obsevation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir siklus. Jika pada siklus 1 hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus 2 akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran Biologi dengan menggunakan model Group Investigation (GI) dengan pendekatan PAIKEM pada materi ekologi di kelas XI MIA 4 MAN 2 Jember. Kemampuan berpikir kreatif mengalami peningkatan sebesar 24,95 dari pra siklus ke siklus 2 menjadi 76,64 dengan kriteria tinggi. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran Biologi dengan menggunakan model model Group Investigation (GI) dengan pendekatan PAIKEM. Hasil belajar aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 2 meningkat sebesar 71,05 menjadi 86,84. Aspek afektif dari pra siklus ke siklus 2 meningkat sebesar 29,36 menjadi 81,33 dengan kriteria sangat baik dan aspek psikomotorik dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 11,02 menjadi 82,42 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi menggunakan model model Group Investigation (GI) dengan pendekatan PAIKEM pada materi ekologi di kelas X MIA 4 MAN 2 Jember tahun ajaran 2015/2016).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210103073;
dc.subjectGROUP INVESTIGATION (GI)en_US
dc.subjectPAIKEMen_US
dc.subjectMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X MIA 4 MAN 2en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X MIA 4 MAN 2 Jember Pokok Bahasan Ekologi Tahun Ajaran 2015/2016)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record