Show simple item record

dc.contributor.advisorMURTI'AH, Arju
dc.contributor.advisorWIDAYATI, Endang Sri
dc.contributor.authorKHOTIMAH, Khusnul
dc.date.accessioned2018-02-08T04:16:00Z
dc.date.available2018-02-08T04:16:00Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nimNIM130210402018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84190
dc.description.abstractMedia pembelajaran Audiovisual berbasis model pembelajaran Inkuiri untuk materi menelaah dan menulis teks Laporan Hasil Observasi pada kelas VII SMP merupakan media pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013. Media pembelajaran yang dikembangkan ini mengacu pada kurikulum 2013 versi revisi 2016 yang berfokus pada dua kompetensi dasar, yaitu menelaah teks Laporan Hasil Observasi dan keterampilan menulis teks Laporan Hasil Observasi. Selain itu, media pembelajaran ini juga menekankan proses berfikir secara kritis dan analitis dalam mencari dan menemukan sendiri (Inkuiri) jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan oleh siswa dengan media berupa video yang menarik dan variatif. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran Audiovisual yang menarik dan variatif untuk meningkatkan minat siswa dalam memahami materi menelaah dan menulis teks Laporan Hasil Observasi. Permasalahan yang dikaji pada penelitian pengembangan ini, yaitu: (1) proses dan wujud pengembangan media pembelajaran menelaah dan menulis teks laporan hasil observasi berbasis Audiovisual dan motode Inkuiri, (2) uji validitas media pembelajaran menelaah dan menulis teks laporan hasil observasi berbasis Audiovisual dan motode Inkuiri, (3) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran menelaah dan menulis teks laporan hasil observasi berbasis Audiovisual dan motode Inkuiri (4) hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 1 Kotaanyar pada materi menelaah dan menulis teks Laporan Hasil Observasi menggunakan media berbasis Audiovisual dan metode Inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian pengembangan atau Research and Devolopment (R & D). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan Hannafin dan Peck meliputi tiga tahap, yaitu, (1) penilaian kebutuhan, (2) desain, dan (3) pengembangan serta implementasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini meliputi tiga hal sebagai berikut. Pertama, proses pengembangan media pembelajaran meliputi tiga tahap, yaitu (1) penilaian kebutuhan, (2) desain, dan (3) pengembangan serta implementasi. Proses dan wujud pengembangan media pembelajaran dipaparkan guna meyakinkan kinerja peneliti atau pengembang produk bahwa proses pengembangan produk telah dilaksanakan dengan baik. Kedua, hasil uji validitas terhadap media pembelajaran yaitu, (1) validitas kualitas subtansi pembelajaran dari V1 dan VP sebesar 85,7%, dan (2) validitas kualitas format media pembelajaran dari V2 sebesar 78,5%. Hasil uji validitas digunakan untuk memberikan penguatan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan untuk diimplementasikan. Ketiga, media pembelajaran diimplementasikan atau diujicobakan di kelas VII C SMP Negeri 1 Kotaanyar mendapatkan analisis data respon siswa sebesar 90,6%. Keempat, hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kotaanyar pada materi menelaah dan menulis teks Laporan Hasil Observasi mendapat nilai rata-rata 88,8. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka simpulan dari penelitian ini yaitu, (1) tahapan dalam proses pengembangan media pembelajaran meliputi, (a) tahap penilaian kebutuhan berupa analisis permasalahan pembelajaran, pebelajar, tujuan, setting pembelajaran, (b) tahap desain berupa analisis kompetensi siswa, indikator pembelajaran, peralatan dan kondisi siswa, serta bahan ajar yang digunakan, (c) tahap pengembangan dan implementasi berupa proses pembuatan media yang menggabungkan beberapa aplikasi yang meliputi powtoon, microsoft power point, dan windows movie maker, (2) hasil uji validitas terhadap media pembelajaran yaitu, (a) validitas kualitas substansi pembelajaran dari V1 dan VP sebesar 85,7%, dan (b) validitas kualitas format media pembelajaran dari V2 sebesar 78,5%, (3) kegiatan ujicoba mendapatkan analisis data respon siswa sebesar 90,6%, dan (4) nilai hasil belajar siswa rata-rata 88,8. Saran untuk penelitian ini sebagai berikut, (1) siswa dapat menyimak, mencatat dan mengerjakan tugas dengan baik, (2) guru, sebagai langkah awal untuk melanjutkan pengembangan media yang variatif, (3) SMPN 1 Kotaanyar, sebagai acuan mengembangkan media yang lebih baik untuk pengisi tuntutan kurikulum 2013 dan bahan pertimbangan untuk memilih metode pembelajaran yang cocok untuk siswa, (4) peneliti sebidang ilmu, produk hasil penelitian disarankan sebagai tambahan, ide, dan pemicu untuk mengembangkan media pembelajaran selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210402018;
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARAN MENELAAHen_US
dc.subjectMENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASISen_US
dc.subjectAUDIOVISUALen_US
dc.subjectMETODE INKUIRI UNTUK KELAS VII SMPen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS AUDIOVISUAL DAN METODE INKUIRI UNTUK KELAS VII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record